Sukses

Beda dengan JK, Tim Transisi Anggap BLSM Masih Penting

Keberadaan BLSM memang akan menimbulkan gejolak sosial di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Transisi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) memandang Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) masih dinilai perlu untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Anggota Kelompok Kerja Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tim Transisi, Arif Budimanta mengakui bahwa keberadaan BLSM memang akan menimbulkan gejolak sosial di masyarakat. Seperti tidak meratanya pembagian BLSM karena ada masyarakat yang merasa miskin tetapi tidak dapat.

"Jadi model opsi juga, cash transfer, tapi  menjadi sharing the pain, karena dibagi. Ada yang merasa tidak mampu minta menerima juga. Akhirnya dibagi dua pertiganya,” kata  Arif, di rumah Cemara, Jakarta, Rabu (24/9/2014).

Namun meski begitu, BLSM masih dianggap penting untuk meningkatkan daya beli masyarat. Pasalnya setelah kenaikan harga BBM bersubsidi dipastikan akan menurunkan daya beli masyarakat menengah ke bawah sehingga bisa menambah angka kemiskinan.

"Yang lebih penting, tak cuma meningkatkan daya beli saja. Mungkin dalam 4 bulan hingga 6 bulan dia mendapat bantalan, tapi diiringi ada pengalihan (anggaran subsidi BBM) lebih tepat sasaran," tuturnya.

Menurutnya, saat ini tim transisi sedang melakukan simulasi kompensasi yang akan diterapkan, selain itu juga mengumpulkan data masyarakat yang memang berhak mendapat kompesasi yang berasal dari berbagai instansi.

"Misal target 15 juta dapat bantuan langsung dalam  jangka tertentu, ini harus presisi supaya tidak jadi riak-riak, data Badan Pusat Statistik (BPS) Menko kesra, TNP2K," pungkasnya.

Sebelumnya, JK menuturkan, dana kompensasi BBM bersubsidi tidak akan disalurkan dalam bentuk BLSM, tetapi dialihkan untuk membiayai sektor produktif. "Pokoknya dialihkan ke sektor produktif," kata JK.

Dia menuturkan, pemerintah tidak bermaksud menyulitkan masyarakat dengan menaikkan harga BBM bersubsidi. Menurut JK, pengurangan subsidi BBM yang berakibat pada kenaikan harga BBM bersubsidi bertujuan untuk membahagiakan rakyat dengan mengurangi kemiskinan.

Subsidi BBM yang dikurangi tersebut akan dialihkan untuk membiayai program pemerintah lain seperti pendidikan, kesehatan dan infrastruktur. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini