Sukses

PLN Tandingan Milik Dahlan Incar Daerah Terpencil

Dahlan Iskan mengaku akan membuat perusahaan yang bergerak di bidang kelistrikan layaknya PT PLN (Persero).

Liputan6.com, Jakarta - Dahlan Iskan, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengaku sudah memeprsiapkan kegiatan usai tak lagi menjabat sebagai menteri.

Salah satunya, dia mengaku akan membuat perusahaan yang bergerak di bidang kelistrikan layaknya PT PLN (Persero).

Dahlan mengaku meski perusahaan ini bergerak di bidang yang sama dengan PLN, hanya saja akan memiliki pangsa pasar yang berbeda.

"Lahan yang saya pilih adalah melistriki daerah-daerah yang kira-kira dalam 10 tahun ke depan belum akan dilistriki PLN, jadi benar-benar daerah terpencil," kata Dahlan di kantornya, Kamis (25/9/2014).

Nantinya perusahaan ini akan terus melakukan aksi korporasi dengan model keuntungan perusahaan akan diputar lagi untuk pembangunan pembangkit.

Mengenai sumber pembangkit, Dahlan Iskan memastikan tidak akan menggunakan tenaga bahan bakar minyak (BBM) ataupun gas.

Dia lebih memilih menggunakan teknologi pembangkit biomassa yang berasal dari tanaman Kaliandra Merah.

Kaliandra Merah ini merupakan jenis tanaman yang memiliki potensi energi layaknya batu bara.
"Sementara masyarakat di wilayah itu menanam Kaliandra Merah ini, jadi nanti pohonnya di tebang dan dibakar dan menghasilkan kalori seperti batu bara sebesar 4000 kalori," katanya.

Untuk mempersiapkan hal itu, saat ini Dahlan sedang mendidik 30 putra bangsa untuk mengetahui seluk beluk cara penanaman Kaliandra Merah untuk dikembangkan menjadi sebuah energi biomassa di Sukabumi. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini