Sukses

Pedagang Keluhkan Harga Telur Ayam yang Belum Beranjak Turun

Harga bahan kebutuhan pokok hari ini masih relatif stabil dan belum mengalami perubahan sejak minggu lalu

Liputan6.com, Jakarta - Harga bahan kebutuhan pokok hari ini masih relatif stabil dan belum mengalami perubahan sejak minggu lalu. Namun demikian, ada para pedagang sembako mengeluhkan belum turunnya harga telur ayam yang masih bertahan pada harga Rp 20 ribu per kg.

"Harga barang-barang masih sama saja, belum banyak yang berubah dari minggu lalu, malah dari dua minggu lalu juga masih sama saja," ujar Muhid (43), salah satu pedagang sembako di PD Pasar Jaya Pasar Buncit, Jakarta Selatan, Jumat (26/9/2014).

Namun demikian, dia mengeluhkan harga telur ayam hingga saat ini masih berkisar Rp 20 ribu per kg. Padahal sebelumnya harga telur tersebut hanya sebesar Rp 17 ribu per kg.

"Paling harga telur saja ini yang belum turun-turun. Saya juga heran, harganya lama sekali tidak turun, biasanya kan turun naiknya cepat," kata dia.

Meski diakui Muhid, pembeli mulai terbiasa dengan harga sebesar Rp 20 ribu, namun bagi pedagang sembako, dengan harga sebesar itu keuntungan yang didapatkan mengalami penurunan.

"Dulu waktu harganya baru-bar naik sih pembeli mengeluh, tapi sekarang sudah tidak lagi. Tapi kalau harganya segini terus, keuntungan buat pedagang ya kecil. Kita juga tidak berani naikan lagi harganya," tandasnya.

Berikut daftar harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional berdasarkan pantauan Liputan6.com:

- Beras kualitas baik Rp 10 ribu per kg
- Minyak goreng curah Rp 9 ribu per kg
- Gula pasir Rp 10 ribu per kg
- Tepung terigu Rp 8.000 per kg
- Telur ayam Rp 20 ribu per kg
- Kacang tanah Rp 17 ribu per kg
- Daging ayam Rp 30 ribu per kg
- Daging sapi Rp 95 ribu per kg

(Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.