Sukses

ASDP Akan Beli 2 Kapal Besar Demi Dukung Tol Laut Jokowi

PT ASDP akan memiliki dua feri kapal besar untuk mendukung tol laut Joko Widodo.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkutan Sungai Danau dan Pelabuhan (ASDP) (Persero) akan memiliki dua feri kapal besar untuk mendukung tol laut yang diprakarsai Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, kapal feri tersebut besarnya empat kali lipat dari yang sudah ada saat ini. Dana yang dibutuhkan untuk membangun kapal baru tersebut sekitar Rp 1 triliun. Sedangkan untuk dermaga Rp 2 triliun.

"Yang jelas saya sudah komunikasi ke dirutnya meskipun saya sudah tidak jadi menteri lagi untuk membangun kapal baru feri terbesar di Indonesia," kata Dahlan, di Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Dahlan mengungkapkan, keberadaan kapal feri dengan ukuran besar ini akan sangat menguntungkan karena bisa menghemat waktu perjalanan dan mengangkut lebih banyak orang.

"Supaya kalau menyeberang dari Merak ke Bakaheuni itu tidak sampai satu jam, kalau sekarang kan 2,5-3 jam. Ukurannya empat kali lipat dari kapal feri terbesar yang ada sekarang, yang kita beli dari Inggris," paparnya.

Untuk menunjang kapal tersebut, lanjut Dahlan, akan dibangun pelabuhan untuk menyesuaikan ukuran. Dahlan ingin hal tersebut segera terealisasikan meski dirinya sudah tidak menjabat sebagai Menteri BUMN lagi.

 "Artinya ASDP juga mampu pembuatan kapal juga mampu nanti pelabuhannya juga. Saya cenderung siapapun yang nantinya menjadi Menteri BUMN untuk merealisasikan hal ini," ungkapnya.

Menurut dia, rencana pembelian kapal feri berukuran besar tersebut sesuai dengan visi Presiden Jokowi Dodo yang ingin membuat tol laut untuk menunjang transportasi antar pulau.

"Apalagi Pak Jokowi punya konsep tol laut, itu kalau kita bangun kapal Feri yang terbesar empat kali lipat dari yang sekarang dengam kecepatan yang juga dua kali lipat," terang dia. (Pew/Ndw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini