Sukses

5 Trik Agar Tak Cekcok Soal Uang dengan Pasangan

Uang merupakan perkara sensitif dalam berbagai kondisi. Ini dia 5 trik agar Anda tak cekcok soal uang dengan pasangan di rumah

Liputan6.com, New York - Perselisihan mengenai uang dalam rumah tangga dapat muncul dalam berbagai situasi. Ingat, uang merupakan pembahasan yang sensitif bahkan bagi orang-orang yang telah berumahtangga.

Mengutip laman Boldsky, Minggu (28/9/2014), para pria yang menjadi tulang punggung rumah tangga biasanya meminta sang istri untuk tidak boros dan menggunakan uang sesuai kebuthan. Tapi jika keduanya memiliki penghasilan, kemungkinan perdebatan soal uang justru semakin kuat.

Tak peduli seperti apa kondisinya, uang seringkali dapat menjadi sumber masalah. Berikut lima trik agar Anda bisa menghindari cekcok soal uang dengan pasangan di rumah:

1. Membuat anggaran

Pendapatan seringkali terbatas tapi kadang pengeluaran Anda tak terkendali. Guna menghindari pertengkaran soal uang dengan pasangan, penting bagi Anda untuk bersama-sama menyusun anggaran rumah tangga.

Hitung semua pengeluaran hingga kebutuhan terkecil yang perlu dikeluarkan. Bagi pengeluaran tersebut ke dalam beberapa kategori, dan tentukan pengeluaran mana yang bisa dipangkas dan memang tidak diperlukan sama sekali.

2. Catat seluruh pengeluaran

Saat Anda menuliskan kebutuhan keluarga, pastikan juga untuk mencatat seluruh pengeluaran. Ini akan membantu Anda mengetahui ke mana larinya seluruh uang pribadi.

Cara ini juga membantu Anda memahami mana pengeluaran yang perlu dibatasi. Ingat, salah satu pemicu pertengkaran soal uang di keluarga adalah ketidakjelasan aliran uang.

3. Bandingkan anggaran dan pengeluaran

Anda merencanakan dan mulai berbelanja. Tentu saja akan ada perbedaan jumlah antara keduanya. Diskusikan dengan pasangan Anda dan putuskan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga.

4. Terbuka soal uang

Seluruh uang yang dihasilkan bersama seharusnya digunakan secara terbuka. Pastikan semua pembahasan dan pengeluaran mengenai uang dilakukan tanpa ada rahasia satu sama lain.

Cara ini terbukti ampuh menjauhkan potensi pertengkaran antara suami istri soal uang.

5. Menabung bersama

Semua orang akan menua dan membutuhkan penghasilan lain saat usia sudah tak muda lagi. Pastikan Anda dengan pasangan memiliki tabungan bersama agar hubungan tetap awet meski telah lanjut usia. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Uang adalah alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya.

    Uang