Sukses

5 Langkah Jadi Jutawan

Seseorang dapat memiliki kesehatan keuangan baik agar dapat jadi jutawan. Ingin tahu langkahnya?

Liputan6.com, New York - Kadang seseorang memiliki keinginan untuk menjadi jutawan. Impian tersebut dapat saja dicapai oleh seseorang baik perempuan dan laki-laki dengan sejumlah catatan.

Langkah menjadi jutawan dapat dilakukan dengan kerja keras, mendidik diri sendiri untuk disiplin, dan membangun sesuatu menjadi berharga. Ingin jadi seorang jutawan? Berikut tips yang dikutip dari Daily Finance, Minggu (28/9/2014):

1. Berinvestasi

Ketika Anda menerima rezeki nomplok tak terduga seperti warisan, hadiah uang tunai, dan bonus, jangan menghabiskannya. Sebaiknya berinvestasi, dan jangan menghabiskan uang untuk berbelanja.

Anda dapat menahan diri dari berbelanja barang yang nilainya dapat turun. Sebaiknya bisa berinvestasi di pasar modal dengan membeli saham. Akan tetapi pilih saham dari perusahaan memiliki track record baik. Selain itu, sebaiknya dana tersebut tidak hanya digunakan dalam satu keranjang investasi tetapi juga melakukan diversifikasi termasuk juga ketika membeli saham perusahaan.

2. Hidup Hemat

Pepatah hidup hemat memang sering didengar. Akan tetapi, sebaiknya Anda melakukan nasihat itu karena dilaksanakan dapat sesuatu yang diinginkan. Anda tidak dapat membangun kekayaan bila Anda menghabiskan uang lebih dari pada yang disimpan.

3. Terus berinvestasi sedikit demi sedikit

Bila tinggal di bawah kemampuan Anda dengan tidak menaikkan gaya hidup Anda meski mendapatkan kenaikan gaji dan promosi, Anda dapat memiliki lebih banyak uang untuk berinvestasi. Salah satu rahasia untuk berinvestasi di pasar modal juga telah investasi dengan jumlah dana kecil secara berkala.

Anda dapat melakukan investasi di reksa dana. Selain itu, Anda dapat juga memanfaatkan membeli saham ketika harga saham sedang murah, dan menjualnya ketika harga saham sudah lebih tinggi.

4. Menyiapkan dana pensiun

Untuk menyiapkan dana di hari tua, Anda dapat mengikuti program dana pensiun. Anda dapat menyisihkan dana pensiun dari penghasilan setiap bulan.

5. Fokus meninjau investasi

Untuk memperhatikan investasi dan dana yang dikelola, Anda dapat menyewa penasihat keuangan dan bahkan mengelola keuangan sendiri. Bila Anda memilih yang terakhir maka harus menghabiskan waktu untuk mendidik sendiri dan meninjau portofolio investasi secara teratur. Langkah ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan maksimal dan mengurangi risiko. Jadi Anda siap untuk jadi jutawan? (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jutawan adalah seorang individu yang kekayaan atau kekayaan bersihnya sama dengan atau melebihi satu juta unit mata uang.

    jutawan

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

Video Terkini