Sukses

Mafia Tambang Dimodali Pihak Asing

Kegiatan mafia pertambangan biasanya dilakukan penambang ilegal yang bekerja sistematis dan terstruktur.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Mineral Batubara Kemenrterian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan mafia pertambangan di Indonesia dimodali pihak asing.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, R. Sukhyar mengungkapkan, kegiatan mafia pertambangan biasanya dilakukan penambang ilegal yang bekerja sistematis dan terstruktur.

"Jadi kalau di kita itu, kenakalan itu ada di ilegal mining artinya ada suatu kegiatan yang sistemik," kata Sukhyar, di Kantor Direktorat Jenderal Mineral Batubara, Jakarta, Senin (29/9/2014).

Sukhyar menambahkan, kegiatan penambang ilegal sangat bandel, ketika penambang tersebut dibasmi maka tak lama kemudian akan muncul kembali. Bahkan, kegiatan tersebut dimodali pihak asing.

"Dibasmi terus ada, bahkan ditopang pemodal luar negeri seperti terjadi di Palu itu supervisinya dari luar negeri," ungkapnya.

Menurut Sukhyar, biasanya penambang ilegal tersebut, mengincar barang tambang yang mudah diambil dan tinggi nilainya seperti emas.

"Emas yang di air tetapi lebih yang dipermukaan. Jadi mudah dan cepat untuk diolah. Jadi tidak mungkin di under ground 500 meter, tidak mungkin. Dipermukaan mereka lokasinya," pungkas Sukhyar. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.