Sukses

Miliarder Asal Jepang Bangun Rumah Seharga Rp 255,15 Miliar

Miliarder terkaya keempat di Jepang Hiroshi Mikitani tengah membangun rumah idaman yang diperkirakan menguras biaya hingga Rp 255,15 miliar.

Liputan6.com, Tokyo - Memiliki rumah idaman nan nyaman tentu menjadi impian banyak orang. Nah, miliarder terkaya keempat di Jepang, Hiroshi Mikitani pun juga mempunyai idaman yang sama dengan banyak orang. Ia kini tengah membangun rumah idamannya yang diperkirakan membuatnya merogoh kocek sedalam 2,3 miliar yen atau Rp 255,15 miliar (estimasi kurs: Rp 110,9 per yen). Rumah idaman milik  Hiroshi Mikitani tersebut terletak di pusat kota Tokyo.

Mengutip laman Business Week, Selasa (30/9/2014), rumah idaman itu setidaknya menutupi kelangkaan pasar perumahan mewah Tokyo. Rumah dua lantai tersebut dibangun di atas lahan seluas 880 meter persegi di lingkungan mewah di Shibuya, Tokyo, Jepang.

Hiroshi membangun rumah mewah itu di lingkungan yang memang mempunyai harga tanahnya cukup mahal. Sekedar informasi saja, tahun ini di daerah tersebut kenaikan harga tanahnya mencapai 20 persen.

"Saat ini, sedikit sekali rumah mewah yang dijual di pasar properti Jepang. Permintaan terus meningkat tapi jumlah pasokannya tak bertambah," ungkap Manajer Penjualan Internasional Properti di List Sothebya€™s International Realty, Jepang, Yukiko Takano.

Mikitani mengakuisisi lahan rumah mewahnya itu pada Februari 2011 dengan harga yang masih dirahasiakan. Tak lama setelah pembeliannya itu, Kementerian Pertanahan Jepang mencatat, sebuah lahan di lingkungan yang sama dijual dengan harga 1,44 juta yen per meter persegi.

Sejak 2011, harga tanah di area tersebut tercatat telah melonjak hingga 67 persen. Melambungnya harga rumah Hiroshi juga diprediksi karena harga tanah, biaya desain dan konstruksinya.

Rumah tersebut diprediksi dapat rampung dibangun pada Februari tahun depan. Area perumahan miliarder Jepang tersebut bersandingan dengan rumah-rumah para menteri dan pejabat tinggi lainnya. (Sis/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder