Sukses

Jakarta, Kota dengan Ketimpangan Terbesar di Dunia

Tiga kota yang memiliki ketimpangan kesejahteraan yang besar adalah Jakarta, Indonesia, Manila, Filipina dan Bombay, India.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan, terdapat tiga kota yang memiliki ketimpangan paling parah antara kaya dan miskin di dunia ini. Jakarta termasuk salah satu di antara tiga kota tersebut.

JK bercerita, ketiga kota yang memiliki ketimpangan kesejahteraan yang besar adalah Jakarta, Indonesia, Manila, Filipina dan Bombay, India .

"Jakarta kota yang kompleks. Orang terkaya ada dan termiskin juga ada," kata Kalla dalam peluncuran buku 'Bridging the Gap', Jakarta, Selasa (30/9/2014).

Adanya ketimpangan tersebut tergambar dalam perbandingan gaji atau pendapatan yang diterima oleh masyarakat. Di Jakarta, terdapat orang yang memiliki gaji 100 kali lipat lebih besar dibanding dengan gaji orang lain.

"Di Amerika hanya 10 kali, di Jakarta sampai 100 kali. Untuk negara maju, batasan ketimpangan itu hanya 10 kali," lanjutnya.

Ketimpangan yang terjadi di Jakarta lebih parah jika dibanding dengan Naypyidaw, Myanmar dan Kuala Lumpur, Malaysia.

Oleh karena itu, menurut JK, untuk memangkas ketimpangan tersebut mesti ada keadilan dalam hal kepemilikan, pekerjaan dan juga gaji atau pendapatan.

Untuk memuluskan langkah tersebut, pemerintah harus melakukan perbaikan pada  anggaran, kebijakan anggaran, serta pendidikan di masyarakat.

"Cara melaksanakan alokasi budget dan kebijakannya. Tentu dinamika masyakat pendidikan dan semangatnya," pungkas dia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini