Sukses

Do Won Chang, Petugas Kebersihan yang Jadi Miliarder

Liputan6.com, Los Angeles - Tak semua miliarder terkaya dunia mencapai puncak kejayaannya dengan mudah. Do Won Chang merupakan salah satu miliarder yang harus susah payah bekerja sebagai petugas kebersihan sebelum akhirnya menjadi salah satu konglomerat ternama di dunia fashion internasional.

Mengutip laman Stylevitae.com, Rabu (1/10/2014), 33 tahun lalu, Chang berimigrasi dari Korea ke Amerika Serikat (AS) tanpa mimpi sedikitpun. Kala itu dia masih berusia 21 tahun.

Sebelum pindah ke AS, saat baru pertama kali lulus sekolah menengah ke atas, dia membuka jasa pengiriman jus dan kopi di Korea Utara. Pekerjaan itu hanya bertahan tiga tahun sebelum akhirnya dia mengajak sang istri untuk hijrah ke AS.

Guna memenuhi kebutuhan sehari-hari, Chang bersama sang istri Jin Sook lantas melakukan berbagai pekerjaan di Amerika. Bahkan Chang sempat menjalankan tiga pekerjaan sekaligus dalam sehari.

Di pagi hari, Chang bekerja di sebuah kedai kopi. Lalu siangnya, dia bekerja sebagai petugas pom bensin dan lanjut bekerja sebagai petugas kebersihan di malam hari.

"Saya melakukan apapun saat pertama tiba di AS, mulai dari mencuci piring, bekerja paruh waktu di pom bensin hingga bersih-bersih. Lalu entah bagaimana, saya tertarik dengan fashion dan memutuskan untuk memulai bisnis tersebut," tuturnya.

Dengan sedikit uang tabungan, Chang dan Jin Sook membuka toko pakaian pertamanya pada 1984 di Highland Park, Los Angeles. Toko tersebut bernama Fashion21 karena banyak orang selalu ingin kembali berusia muda setelah menginjak usia 21 tahun.

Dia lantas menyediakan harga murah dengan kualitas terbaik bagi para pelanggannya. Hanya dalam waktu satu tahun, Chang telah memperoleh keuntungan besar dari bisnisnya.

Kini setelah 30 tahun berdiri, toko tersebut telah berdiri di 15 negara di berbagai dunia. Fashion21 juga telah berganti nama menjadi Forever21.

Sejauh ini, Chang bersama Jin Sook tercatat sebagai salah satu miliarder terkaya dunia dengan total harta mencapai US$ 5,2 miliar. (Sis/Art)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder