Sukses

Pertamina Akuisisi Blok Minyak Milik Murphy Oil di Malaysia

Pertamina tengah menyelesaikan proses pembelian 30 persen saham blok minyak milik Murphy Oil yang ada di Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) saat ini sedang menyelesaikan proses pembelian 30 persen saham blok minyak milik perusahaan minyak asal Amerika Serikat (AS), Murphy Oil Corporation‎ yang ada di Malaysia.

‎Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir mengungkapkan, perusahaan minyak AS itu memiliki blok minyak lepas pantai yang berada di Sabah dan Serawak, Malaysia.

"Saat ini kami sedang dalam proses untuk menyelesaikan transaksi tersebut, detailnya nanti. Saya hanya ingin konfirmasi bahwa kami memang sedang menyelesaikan pembelian aset Murphy," kata Ali di Kementerian BUMN, Rabu (1/10/2014).

Ali menegaskan sebenarnya kepemilikan saham tersebut sudah efektif sejak 1 Januari 2014, hanya saja penandatangannya baru akan dilakukan dengan target kuartal I 2015.

"Kalau dalam dunia migas mundur ini biasa, jadi memang proses sudah lama," tegasnya.

Pembelian saham milik Murphy ini dilakukan Pertamina demi meningkatkan produksi minyak. Adapun nilai transaksi pembelian 30 persen saham yang sudah disepakati Murphy dan Pertamina senilai US$ 20 miliar atau setara Rp 243,8 triliun. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini