Sukses

Sektor Kelautan Selalu Tumbuh di Atas Ekonomi RI

Pertumbuhan ekonomi sektor kelautan dan perikanan tercatat sebanyak 6,5 persen di tahun 2013.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan Indonesia memiliki peluang yang besar untuk memanfaatkan sektor kelautan sebagai sumber pangan.

Menteri KKP, Sharif C Sutardjo mengatakan, besarnya peluang sektor kelautan sebagai sumber pangan terluhat dari masyarakat Indonesia menkonsumsi ikan rata-rata 38 kilogram (kg) per kapita per tahun. Jauh di atas konsumsi daging 2 kg per kapita per tahun.

Sharif melanjutkan, pertumbuhan ekonomi sektor kelautan dan perikanan tercatat sebanyak 6,5 persen di tahun 2013.
Angka ini di atas pertumbuhan ekonomi RI yang sebesar 5,7 persen. "Selama ini pertumbuhan sektor kelautan selalu di atas 6 persen," kata dia, Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Kinerja tersebut dianggap memuaskan. Pasalnya, kinerja itu diraih tanpa ada suntikan subsidi dari pemerintah. "Dicapai tanpa bantuan subsidi, meski pencapaian cukup menggembirakan saya harap stakeholder tak puas diri," lanjutnya.

Sharif menambahkan, dalam masa akhir jabatannya, ia akan terus menggenjot kinerja sektor pertanian. Salah satunya, dengan diadakannya Indonesia Ocean Investmen Summit yang digelar hari ini.

Dia juga meminta pihak perbankan tidak mempersulit untuk suntikan modal untuk usaha yang bergerak di bidang kelautan. "Kami ibarat pelari maraton, semakin dekati garis finish semakin sprint," tutur dia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini