Sukses

Janji Mulia Miliarder 91 Tahun: Sumbangkan Rp 182,7 Miliar/Tahun

Liputan6.com, New York - Usia sama sekali tidak menjadi penghalang bagi siapapun yang ingin berbagi dengan sesama. Miliarder tua berusia 91 tahun David Murdock berjanji menyumbangkan US$ 15 juta atau Rp 182,75 miliar hartanya setiap tahun.(Kurs: Rp 12.183/US$)

Melansir laman New Observer, Rabu (1/10/2014), donasi itu akan disumbangkan pada lembaga riset North Caroline yang mengusung namanya guna meningkatkan kesehatan manusia dan mengatasi kekurangan nutrisi sejumlah masyarakat. Komitmen tersebut diberikan agar lembaga itu tetap dapat beroperasi dan membantu banyak orang meski dirinya telah tiada nanti.

Uang tersebut akan digunakan untuk menarik bakat-bakat peneliti terbaik guna menemukan menu makan yang kaya akan nutrisi. Selain itu para peneliti diharapkan dapat membantu umat manusia hidup dengan pola makan sehat dengan mengkonsumsi buah dan sayur.

"Saya tengah mencari ke seluruh dunia, siapa yang bisa memimpin David H. Murdock Research Institute agar tetap menjalankan lembaga sesuai prinsip-prinsipnya membantu sesama," ungkap Murdock.

Tahun lalu, dia telah menyumbangkan US$ 50 juta hartanya untuk membantu pengadaaan perlengkapan laboratorium dan mengembangkan sejumlah program riset. Penelitian terhadap diabetes dan penyakit dalam lainnya juga didanai Murdock.

Pimpinan Dole Food Co., ini bahkan tercatat telah menyumbangkan hartanya hingga sebesar US$ 800 juta guna membantu sesama. Dia merupakan salah satu orang terkaya di dunia dengan total kekayaan mencapai US$ 3 miliar.

Setiap tahun hingga akhir hayatnya, dia berjanji akan menyumbangkan Rp 182,75 miliar hartanya. Sejauh ini, beramal memang menjadi salah satu kegiatan favorit para miliarder terkaya dunia. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.