Sukses

PLN Sambungkan Listrik ke Tiga Juta Pelanggan Baru

Direktur Operasi PLN Jawa Bali Sumatera, Ngurah Adnyana menuturkan, minimal 3 juta pelanggan baru harus mendapatkan listrik per tahun.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) genap berusia 69 tahun pada Oktober. Tentu ada tantangan yang akan dihadapi perusahaan listrik tersebut ke depan yaitu memasang sambungan baru 3 juta pelanggan setiap tahun.

Direktur Operasi PLN Jawa Bali Sumatera,  Ngurah Adnyana mengungkapkan, tantangan yang dihadapi PLN pada masa yang akan datang adalah menemukan cara untuk mempercepat penambahan rasio elektrifikasi Indonesia.

"Setiap tahun terdapat minimal 3 juta pelanggan baru yang harus disambung," kata Adyana, di Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Adyana mengungkapkan,konsumsi listrik telah mencapai 876 kilo Watt hour ( kWh) per kapita pada 2013, dan akan terus meningkat hingga 1.300 kWh per kapita pada 2020.

Untuk merealisasikannya dibutuhkan kesiapan penyediaan infrastruktur sehingga mendukung pertumbuhan konsumsi listrik sebesar 7 persen-8 persen. Permintaan tenaga listrik sekitar 9 persen per tahun atau setara dengan penambahan daya listrik sekitar 5.000 MW.

Hingga Desember 2013, rasio elektrifikasi Indonesia mencapai 81 persen dan mengalami peningkatan 13 persen dalam tiga tahun terakhir.

"Pembangunan infrastruktur harus sejajar dengan pembangunan produksi dalam negeri, sehingga industri dalam negeri perlu terus didorong," kata Direktur Operasi PLN Jawa Bali Sumatera ini. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.