Sukses

Pengguna Kartu Bertambah, Rasio Kredit Macet Tetap Aman

Ketua Asosiasi Kartu Kredit Indonesia, Steve Marta menuturkan, pertumbuhan pengguna kartu kredit bertambah tetapi kredit macet terjaga.

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) menyatakan individu pengguna lebih dari dua kartu kredit dengan pendapatan Rp 3 juta-Rp 10 juta mencapai 450 ribu orang.

Ketua Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), Steve Marta mengatakan, angka tersebut terus tumbuh meski melambat pada 2014.
"Biasanya satu tahun ini 10 sampai 11 persen, tapi tahun ini 5 persen. tetap tumbuh tapi melambat," kata dia di Jakarta, Rabu (1/10/2014).

Dia menilai, meski pengguna lebih dari dua kartu ini tumbuh, angka non performing loan (NPL) atau kredit macet masih terjaga. "Sekarang NPL  masih bagus, sedikit di bawah 2 persen," kata dia.

Meski demikian, pihaknya mengatakan akan mengantisipasi besaran NPL agar tidak  membengkak. "Tapi belum terjadi bukan kami diam saja. Kartu itu tergantung kemampuan. Kalau nanti limit lebih, pendapatan tidak cukup, yang repot card holder," tandas dia.

Sebelumnya Bank Indonesia (BI) juga menerapkan regulasi terkait pembatasan kepemilikan kartu kredit dari sisi pendapatan. Salah satu ketentuan tersebut yakni pembatasan terhadap individu dengan pendapatan antara Rp 3 juta sampai Rp 10 juta. Individu boleh memiliki kartu kredit maksimal dua penerbit dengan pembatasan plafon 3 kali jumlah pendapatan tiap bulan. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kartu kredit adalah salah satu instrumen utang yang dikeluarkan oleh pihak bank serta memiliki nilai peminjaman yang harus dikembalikan.

    Kartu Kredit

Video Terkini