Sukses

Listrik, Infrastruktur Paling Tak Tergantikan

Wakil presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) bahkan mengatakan, listrik merupakan infrastruktur paling tak tergantikan di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Kebutuhan masyarakat akan listrik terus meningkat dari tahun ke tahun. Wakil presiden terpilih Jusuf Kalla (JK) bahkan mengatakan, listrik merupakan infrastruktur paling tak tergantikan di Tanah Air.

"Infrastruktur yang paling penting di Indonesia itu ada empat jenis. Tiga lainnya masih bisa digantikan, sementara listrik tak ada gantinya. Tidak dijual eceran," tutur JK saat menjadi pembicara dalam acara National Conference on Electrical Power Business & Technology di Jakarta, Kamis (2/10/2014).

Tiga infrastruktur utama lain dalam pembangunan ekonomi Indonesia yaitu, jalan, pengairan dan komunikasi. Menurut JK, berbeda dengan listrik, infrastruktur lain masih memiliki subtitusi.

"Kalau jalan rusak, masih bisa naik kereta atau rusak total masih bisa naik pesawat dan kapal. Sementara komunikasi, kalau hadphone mati, masih bisa gunakan telegram dan surat," terangnya.

JK juga mengatakan, kebutuhan listrik akan terus meningkat seiring bertambahnya penduduk kelas menengah ke atas. Semakin tinggi kebutuhan listrik, maka biaya yang dikeluarkan masyarakat juga akan semakin naik.

"Semua kehidupan sangat tergantung listrik. Buktinya kalau kalian pulang ke rumah sekarang, yang paling dicari lebih dulu pasti colokan listrik untuk mengisi baterai handphone dan lain-lain," tandasnya. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.