Sukses

Usulan Dahlan Kembangkan Holding BUMN Perkebunan dan Kehutanan

Menteri BUMN, Dahlan Iskan mengusulkan dua opsi kepada jajaran direksi dan komisaris perusahaan holding perkebunan dan kehutanan.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kini secara resmi telah memiliki perusahaan holding baru yaitu PT Perkebunan Nusantara III yang merupakan holding BUMN sektor perkebunan dan Perum Perhutani selaku induk holding sektor kehutanan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan dirinya meminta jajaran Direksi di PTPN III untuk menjadi Komisaris Utama di anak usahanya yaitu PTPN I-IV untuk mensinergikan visi dan misi.

‎"Tentu nantinya, kalau perlu jangan boleh gajian, karena itu adalah bagian dari tugas," kata Dahlan Iskan di Surabaya, Kamis (2/10/2014).

Hal itu menjadi salah satu solusi yang ditawarkan Dahlan untuk membangun kedua holding perusahaan baru tersebut hingga nantinya sudah terbangun dengan baik.

Solusi lain yang ditawarkan Dahlan adalah para Komisaris Utama tersebut boleh menerima gaji, namun gaji yang diterima diserahkan ke induk holding untuk dijadikan kas.

Tidak hanya itu, hingga saat ini pembagian direksi untuk perusahaan holding tersebut belum ditentukan. Dahlan lebih menyerahkan hal itu kepada internal perusahaan.

"Terserah nanti pembagian direktur, direktur gula, teh, dan sebagainya, atau berdasarkan area, produksi atau pemasaran, saya serahkan sepenuhnya ke internal," tegasnya.

Pembagian mengenai direksi ini ditekankan Dahlan menjadi salah satu pekerjaan yang harus segera dilaksanakan pasca peluncuran holding ‎BUMN sektor perkebunan dan kehutanan tersebut. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini