Sukses

Harga Hewan Kurban Makin Mahal Jelang Idul Adha

Harga sapi naik Rp 1 juta per ekor, sedangkan harga kambing dan domba naik Rp 250 ribu per ekor menjelang Idul Adha.

Liputan6.com, Palu - Harga jual hewan kurban terus mengalami kenaikan. Hal ini terjadi, seiring tingginya permintaan konsumen mendekati hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, untuk harga sapi, kambing, dan domba yang dijual di pasar hewan Palu cukup bervariasi dengan kenaikan harga yang cukup signifikan.

Harga sapi mulai dari Rp 7 juta, Rp 10 juta, dan Rp 17 juta per ekor. Kambing dari harga Rp 1,5 juta hingga Rp 5 juta per ekor. Dan domba dari harga Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per ekor.

Salah seorang pedagang hewan kurban, Ridho mengatakan, harga hewan kurban saat ini memang mengalami kenaikan. Dengan harga yang bervariasi mengikuti ukuran berat dan besar kecilnya hewan yang dijual.

"Untuk sapi kenaikan harganya Rp 1 juta per ekor. Sedangkan kambing dan domba kenaikannya Rp 250 ribu per ekor. Harga ini masih akan naik sampai satu hari mau lebaran," katanya saat ditemui Liputan6.com di pasar hewan Palu, Kamis (2/10/2014).

Ridho menjelaskan, sapi yang dihargai Rp 7 juta per ekor berat badannya 70 kilo gram. Sapi Rp 10 juta berat badan 100 kilo gram, dan sapi Rp 17 juta berat badannya 140 kilo gram.

"Rata-rata yang dijual pedagang di pasar hewan ini masih sapi yang beratnya di tiga kategori itu saja. Tapi ada juga yang lebih mahal sampai Rp 50 juta per ekor. Sedangkan untuk kambing dan domba juga sama diukur dari berat badannya," imbuhnya.

Naiknya harga jual hewan kurban di tingkat pedagang hampir tiap tahun terjadi di Palu. Dan itu, penyebabnya tidak lain karena tingginya permintaan konsumen mendekati Hari Raya Kurban yang serentak akan dilaksanakan umat muslim di dunia 5 Oktober 2014.

"Lagi tinggi-tingginya permintaan konsumen, makanya harga di tingkat pedagang dinaikkan. Ya, hampir seimbang juga karena pegambilan di tingkat peternak mahal, karena kalau tidak dinaikkan yang ada rugi," aku pedagang hewan kurban lainnya, Dayat.

Menurut dia, hewan kurban mulai dari sapi, kambing, dan domba yang dijual di pasar hewan Palu didatangkan dari beberapa kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah. Seperti kabupaten Sigi, Donggala, dan beberapa kabupaten lainnya.

"Tapi ada juga beberapa hewan kurban yang didatangkan langsung dari Provinsi Gorontalo," tandas Dayat.( M SP Taufan/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini