Sukses

Jokowi Diminta Tunjuk Menteri ESDM yang Paham Energi & Independen

Sosok yang mengisi Menteri ESDM haruslah orang yang mengetahui peta sektor energi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo alias Jokowi diminta lebih cermat saat menunjuk menteri yang bertugas mengurusi sektor energi, seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Pengamat Perminyakan, Iwan Ratman menilai sosok yang mengisi Menteri ESDM haruslah orang yang mengetahui peta sektor energi di Indonesia.

"Jokowi harus cermat menunjuk menteri, terutama menteri ESDM. Harus berani menunjuk orang yang mengetahui seluk beluk di dalamnya. Siapa antek-anteknya, siapa mafianya, bagaimana aspek sosialnya, bagaimana aspek politiknya," ujar Iwan di Jakarta, Jakarta, Jumat (3/10/2014).

Meski tak menunjuk nama, menurutnya, posisi menteri harus benar-benar independen dan bebas kepentingan yang mau bekerja sehingga membawa revolusi perubahan.

"Intinya menteri itu harus bebas akan kepentingan, menteri itu kan kerja, kerja, kerja untuk mencapai tujuan rakyat. Membawa revolusi perubahan, serta mempunyai semangat reformasi," tegas dia.

Di tengah koalisi Jokowi-JK tengah membangun komunikasi sebelum memulainya pemerintahannya. Diduga dalam membangun upaya tersebut, ada tawar menawar yang diberikan untuk mengamankan pemerintahannya.

Sekretaris Jenderal PDIP, Tjahjo Kumolo bahkan sempat mengatakan pihaknya rela mengurangi jatah kursi agar bisa partai lain bergabung.

Bahkan, Wasekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menyatakan pernah ada permintaan untuk menduduki posisi-posisi energi kepada kubu Jokowi-JK.

"Yang kami dengar ada beberapa hal (yang diminta) posisi menteri ESDM, Dirjen Pajak, Direktur pertamina juga menteri keuangan. Ini kan menyangkut masalah perekonomian kita, harusnya diisi oleh tokoh-tokoh bersih, kalau tidak akan membuat ekonomi kita tidak sehat," ujar Hasto. (Putu/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.