Sukses

Kalah dari Malaysia, Pelindo III Didesak Bangun Pelabuhan Nunukan

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta kepada menejemen PT Pelabuhan Indonesia III/Pelindo (Persero) untuk berkantor d

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menugaskan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III untuk segera membangun Pelabuhan Nunukan yang berada di Kalimantan Timur.

Pasalnya, proyek ini sangat penting mengingat kondisi Pelabuhan Nunukan sangat tertinggal dari Pelabuhan Tawau, Malaysia.  Bahkan jika dibandingkan, Dahlan mengumpamakannya dengan bumi dan langit.

"Kalau habis menyebrang dari Tawau ke Nunukan itu rasanya tidak hanya seperti langit dan bumi, tapi seperti langit dan sumur, bedanya jauh sekali. Saya malu, makanya saya minta Nunukan dibangun," paparnya.

Pada awalnya Dahlan menunjuk PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk membangun Pelabuhan Nunukan, namun setelah ditelusuri hal itu bukan menjaid kewenangan ASDP.

Lalu Dahlan meminta kepada Pelindo III selaku pengelola pelabuhan, namun manajemen Pelindo III menjelaskan izin pembangunan kini di tangan Kementerian Perhubungan.

Untuk itu, Dahlan meminta manajemen Pelindo III agar berkantor di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta. Hal itu dilakukan demi mendapatkan proses persetujuan mengenai pembangunan Pelabuhan Nunukan.

Menurut dia, Bambang Susantono yang saat ini bertugas sebagai pelaksana tugas Menteri Perhubungan memiliki karakter yang sama dengan dirinya, di mana setiap pembangunan ingin serba cepat.

"Mumpung Pak Bambang yang jadi menteri, kita harus manfaatkan. Manfaatkan dalam hal baik tapi ini," pungkas mantan Direktur Utama PLN itu. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.