Sukses

Panselnas Buka 200 Lowongan CPNS untuk Lulusan Terbaik

Sejumlah instansi pusat membuka 200 lowongan CPNS bagi para sarjana dan S2 yang lulus dengan predikat cum laude.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah instansi pusat membuka 200 lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi para sarjana dan S2 yang lulus dengan predikat cum laude. Lowongan ini untuk program studi dan lembaga perguruan tinggi yang terakreditasi A.

Dilansir dari panselnas.menpan.go.id, Sabtu (4/10/2014), lowongan ini akan dikoordinatori oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), di mana sebanyak 200 posisi disiapkan untuk beragam kualifikasi pendidikan dan penempatan.

Ada pun persyaratannya umumnya, berusia antara 18 tahun sampai 35 tahun terhitung 1 Desember 2014. Pelamar harus berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum kurungan berdasarkan putusan pengadilan.

Lalu tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengamn hormat sebagai anggota PNS dan TNI Polri. Pelamar juga tidak boleh diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

Persyaratan khususnya, pelamar merupakan Sarjana (S1) yang merupakan lulusan perguruan tinggi terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT).

"Lulusan Pascasarjana (S2) dengan predikat cum laude dan memiliki S1 cumlaude dari program studi yang terakreditasi A pada lembaga perguruan tinggi yang terakreditasi A oleh BAN-PT," tulis keterangan tersebut.

Sementara untuk lulusan luar negeri, mesti mendapat penyetaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan skala indeks prestasi komulatif (IPK) untuk S1 dan S2 sebesar 3,75 dalam skala 4.

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) membuka pendaftaran untuk lulusan khusus ini mulai 25 September sampai 9 Oktober 2014. Keterangan lebih lanjut, pelamar bisa memantau di situs resmi panselnas di panselnas.menpan.go.id.

Berikut 10 kementerian dan lembaga yang di antaranya membuka lowongan khusus tersebut:

1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) 10 posisi
2. Arsip Negara Republik Indonesia 3 posisi
3. Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) 4
4. Badan Tenaga Nuklir Nasional 6 posisi
5. Kementerin Sosial 5 posisi
6. Badan Pengawas Pemilu 10
7. Badan Informasi Geospasial 2 posisi
8. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) 4 posisi
9. Badan Kepegawaian Nasional (BKN)1 posisi
10. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) 2 posisi

Untuk instansi lainnya bisa dicek selengkapnya di sini!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini