Sukses

Ini Alasan Demonstrasi Hong Kong Jadi Perhatian Investor

Ribuan orang berkumpul di tengah kota Hong Kong menuntut hak memilih langsung, dan aksi demo ini menjadi fokus perhatian pelaku pasar.

Liputan6.com, Hong Kong - Ribuan orang berkumpul di tengah kota Hong Kong menuntut hak untuk memilih langsung pemimpin yang dipilih. Gambaran ini begitu luar biasa yang terjadi di Hong Kong, bekas jajahan Inggris yang menjadi terkenal sebagai pusat perdagangan dan pintu gerbang ke China.

Sejak Hong Kong kembali ke Beijing pada 1997, wilayah ini telah diperintah di bawah prinsip "satu negara, dua sistem" sehingga mengubah Hong Kong ke pusat keuangan global.

Banyak masyarakat Hong Kong berharap Beijing turunkan proposal untuk menyaring semua calon untuk Hong Kong. Para pengunjuk rasa dan pejabat Hong Kong akan bertemu untuk melakukan pembicaraan segera.

Akan tetapi, apa yang begitu istimewa tentang kota ini yang menjadi salah satu tempat terbaik untuk melakukan bisnis? Dan mengapa kebuntuan pemerintah dan demonstran menjadi begitu penting bagi ekonomi dunia?

Hong Kong merupakan salah satu kota yang memiliki bursa saham terbesar kedua di Asia setelah Tokyo. Demikian mengutip laman CNNMoney, Minggu (5/10/2014).

Selain itu, tempat ini menjadi penting sebagai salah satu pasar yang menginzinkan perusahaan dari China daratan untuk memperoleh dana. Apalagi sejumlah investor asing ingin keuntungan dari ekonomi terbesar kedua di dunia ini.

Pada 2013, perusahaan memperoleh dana sekitar US$ 45,3 miliar di Hong Kong termasuk 45 penawaran saham perdana/initial public offering (IPO), dan IPO Alibaba. Hong Kong menjadi salah satu tempat bursa saham yang mencatatkan aksi korporasi dalam skala besar.

Apalagi yang membuat Hong Kong ini spesial? Hong Kong hanya memiliki 7 juta penduduk, tetapi peringkat 10 dunia dalam hal ekspor. Itu 2,7 persen dari total perdagangan ekspor, dan tidak buruk untuk wilayah yang mencakup area sedikit lebih besar dari New York.

Hong Kong juga menjadi salah satu gerbang investasi. Wilayah ini menawarkan layanan dan stabilitas kepada perusahaan multinasional dan China itu sendiri.

China adalah penerima terbesar kedua di dunia investasi langsung asing, dan hampir dua pertiga dari yang mengalir melalui Hong Kong.

Salah satu selling point di wilayah ini yaitu aturan hukum ketat dan peradilan di Hong Kong. Sehingga melakukan sengketa bisnis di Hong Kong dapat diselesaikan secara adil.

Adapun Hong Kong juga memainkan peran berharga dalam upaya China mempromosikan Yuan sebagai salah satu mata uang dapat dipercaya dan diperdagangkan. Kota ini memiliki pasar berkembang, misalnya untuk obligasi dalam mata uang Yuan.

Isu menarik perhatian besar saat ini memiliki kepala eksekutif Hong Kong. Akan tetapi, ada isu lain seperti banyak warga Hong Kong yang marah atas kenaikan harga properti didorong oleh pembeli China daratan dan konsumsi pelayanan sosial.
Jika hubungan tersebut menjadi semakin tegang maka Hong Kong dan China dinilai akan membayar harga tinggi. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini