Sukses

KCJ Tambah 120 Unit Gerbong Tahun Depan

Gerbong kereta tersebut merupakan tipe yang sama dengan yang didatangkan pada tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Upaya memenuhi kebutuhan penumpang akan moda angkutan kereta, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) kembali menambah unit kereta rel listrik (KRL) pada tahun depan.

Direktur Utama PT KCJ Tri Handoyo mengatakan, pihaknya akan kembali mendatangkan 120 unit gerbong KRL pada 2015. Kereta tersebut merupakan tipe yang sama dengan kereta yang didatangkan pada tahun ini.

"Pada 2015, kita akan tambah lagi 120 unit KRL dengan tipe yang sama yaitu JR seri 205," ujarnya saat konferensi pers di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin (6/10/2014).

Pada tahun ini sendiri, KCJ akan mendatangkan sekitar 176 unit gerbong bekas seharga Rp 1 miliar per unit. Dari jumlah tersebut, yang sudah masuk ke Indonesia hingga saat ini sudah mencapai 104 unit.

"Hingga saat ini baru yang sudah kita terima itu 104 unit. Kita targetkan pada Oktober ini bisa masuk semua kesini. Kereta ini kondisinya masih baik, AC-nya masih berkerja dengan baik, jadi tidak ada perbaikan," katanya.

Pada tahun ini, KCJ juga melakukan berbagai macam pernambahan dan perbaikan layanan seperti penambahan gate di stasiun sebanyak 488 gate, penambahan petugas pelayanan dari sebelumnya 167 petugas menjadi 197 petugas, penambahan loket stasiun dari 400 unit menjadi 635 unit, pengadaan passenger service stasiun sebanyak 90 petugas.

Selain itu, KCJ melakukan perbaikan pada AC KRL seri 6000 dan 8500, renovasi toilet dan mushola, perpanjangan peron, pengembangan media informasi melalui pemasangan LED pada setiap gerbong KRL serta pengembangan E-Ticketing seperti Kartu Multi Trip, Tiket Harian Berjaminan, dan lain-lain. (Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.