Sukses

Alasan Panselnas Buka Lowongan Spesial Buat Lulusan Terbaik

Seleksi akan dikoordinasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan mekanisme khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah instansi pusat membuka 200 lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bagi para sarjana dan S2 yang lulus dengan predikat cum laude. Lalu apa alasan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menggelar seleksi khusus untuk para lulusan terbaik?

Menurut Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), seleksi tersebut memang ditujukan untuk mencari tenaga-tenaga kerja yang lebih profesional.

"Ini menjaring anak-anak hebat yang punya kemampuan lebih. Birokrasi jadi hebat. Orang hebat yang jujur berintegritas," kata Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Suwardi kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Dia menerangkan, seleksi akan dikoordinasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan mekanisme khusus. Tuturnya, jika pelamar memenuhi syarat dan total pelamar tidak mencapai 200 orang maka secara otomatis akan diterima.

"Kalau jumlah tidak terpenuhi 200 itu langsung diterima. Kalau lebih itu dites juga, tes khusus," kata dia.

Pelaksanaan seleksi untuk lulusan cum laude baru pertama kali dilaksanakan. Namun, dia mengatakan tak ada perlakuan khusus untuk pelamar yang nantinya lolos seleksi. Misal, untuk lulusan Sarjana akan menempati golongan IIIa, dan untuk Pasca Sarjan golongan IIIb. "Itu kan nanti tersebar masing-masing instansi," tukas dia.

Dalam keterangan yang diterbitkan panselnas.menpan.go.id, lowongan untuk lulusan cum laude ditujukan untuk beragam kualifikasi pendidikan dan penempatan.

Persayaratan umumnya, pelamar berusia 18 tahun hingga 35 tahun terhitung tanggal 1 Desember 2014. Lalu pelamar juga tidak pernah diberhentikan dengan hormat atau tidak dengan hormat sebagai anggota PNS atau TNI Polri. Kemudian tidak boleh diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta.

Untuk persyaratan khususnya, pelamar merupakan Sarjana perguruan tinggi terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

"Untuk lulusan Pascasarjana (S2) dengan predikat cum laude dan S1 cum laude dari program studi yang terakreditasi A pada lembaga perguruan tinggi yang terakreditasi A oleh BAN-PT," tulis keterangan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.