Sukses

Jokowi Harus Pilih Menteri ESDM yang Realistis

Menteri ESDM harus bisa mengatur antara pemenuhan dan kebutuhan energi, agar energi yang disalurkan sesuai dengan kebutuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang akan dipilih oleh Presiden terpilih Joko Widodo harus realistis menghadapi sumber energi yang dimiliki Indonesia.

Ketua Umum Ikatan Ahli GeoIogi Indonesia (IAGI) Rovicky Dwi Putrohari mengatakan,  cadangan energi yang dimiliki Indonesia saat ini sangat sedikit.

Ia mencontohkan, gas hanya 2,5 persen dari cadangan dunia, batubara hanya 1,2 persen dari cadangan dunia, sedangkan minyak bumi hanya 0,5 persen dari cadangan dunia.

"Dalam mengelola sumber daya alam, pemerintah baru harus berpijak atas dasar realitas itu," kata Rovicky, dalam sebuah diskusi di Kawasan Bisnis Sudirman, Jakarta, Rabu (8/10/2014).

Rovicky mengungkapkan, seluruh cadangan tersebut harus dimanfaatkan untuk kepentingan dalam negeri guna meningkatkan daya saing dan keunggulan komparatif.

" Permanfaatan sumber daya alam digeser dari sekedar komoditas, menjadi economic booster (penggerak ekonomi)," ungkapnya.

Selain itu, Menteri ESDM juga harus bisa mengatur antara pemenuhan dan kebutuhan energi, agar energi yang disalurkan sesuai dengan kebutuhan.

"Dimana kita lihat sendiri adanya hasil Bontang 11 kargo tidak bisa terserap dalam negeri akhirnya penyedian dan pemanfaatan tidak singkron," pungkasnya. (Pew/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini