Sukses

Sentimen Negatif Bertumpuk, Bursa Asia Kembali Memerah

Indeks MSCI Asia Pasifik yang menjadi representasi dari Bursa Asia tenggelam 1 persen pada pukul 09.48 waktu Tokyo, Jepang.

Liputan6.com, Wellington - Setelah sempat mengalami penguatan, Bursa Asia kembali tenggelam pada pembukaan pagi ini. Sentimen global menjadi salah satu penyebabnya.

Mengutip Bloomberg, (10/10/2014), Indeks MSCI Asia Pasifik tenggelam 1 persen pada pukul 09.48 waktu Tokyo, Jepang.

Indeks Topix Jepang juga jatuh 1,5 persen. Indeks S&P/ASX 200 Australia merosot 1,8 persen, penurunan harian terbesar sejak Agustus. Indeks Kospi KOrea Selatan melemah 0,9 persen.

Pelemahan Bursa Asia Pasifik tersebut disebabkan karean kekhawatiran akan kemunduran perekonomian di dunia terutama Eropa.

Bank Sentral Amerika Serikat (AS) juga melihat adanya risiko outlook ekonomi negara tersebut yang kemungkinan juga bisa membuat perekonomian dunia turun.

Akibatnya, investor menghindari aset-aset yang berisiko tinggi antara lain aset-aset saham di kawasan berkembang seperti Asia.

"Ini akan menjadi hari yang panjang bagi pelaku pasar. Sebagian besar indeks saham seperti Bursa Asia akan tertekan," jelas Kepala Analis CMC Markets Australia, Ric Spooner.

Ada banyak sentimen negatif di dunia ekonomi saat ini. Di Eropa, Amerika dan juga Asia semua memberikan tanda-tanda perlambatan. (Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini