Sukses

Jangan Pernah Ucapkan Kalimat Ini di Kantor

Hati-hati, jujur bukan berarti Anda langsung mengaku tidak tahu saat berhadapan dengan pertanyaan sulit di kantor.

Liputan6.com, New York - Jujur dalam bekerja tentu menjadi salah satu karakter yang harus dimiliki seluruh pegawai. Hati-hati, jujur bukan berarti Anda langsung mengaku tidak tahu saat berhadapan dengan pertanyaan sulit di kantor.

Mengutip laman Business Insider, Jumat (10/10/2014), mengucapkan kalimat `saya tidak tahu` merupakan ungkapan yang sebaiknya tidak pernah Anda ucapkan di kantor.

CEO Women's Leadership Coaching Inc Jo Miller mengatakan, kalimat tersebut dapat merusak kredibilitas Anda dan membuat Anda tampak tidak kompeten dalam bekerja.

Menurut pengalamannya, dalam sebuah rapat dengan perusahaan rekayasa perangkat lunak, seorang pegawai gagal menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan kerabat perusahaan. Setiap kali diberi pertanyaan, dia selalu menjawab tidak tahu dan akan bertanya pada bosnya.

Karenanya, dia dianggap sebagai pegawai yang tidak kompeten dalam bekerja karena selalu melempar pertanyaan pada atasannya."Di dunia bisnis, orang yang bicara dengan percaya diri dapat dianggap sangat kompeten," ungkap Miller.

Meski berbohong juga bukan tindakan baik tapi mengaku tidak mengetahui apapun merupakan respon yang keliru dan dapat menghancurkan kredibilitas Anda.

Miller menyarankan agar para pegawai sebaiknya menjawab dengan ungkapan yang lebih halus seperti "Saya belum memiliki informasi yang cukup untuk menjawab pertanyaan tersebut" atau "Itu pertanyaan bagus. Saya akan segera mencari jawabannya".

Sebenarnya tak masalah jika Anda tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Tapi yang terpenting bagaimana Anda berupaya mencari tahu jawabannya. (Sis/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.