Sukses

Harga Minyak Susut Usai IEA Keluarkan Laporan

Harga minyak Brent telah jatuh sebesar 20 persen sejak musim panas di tengah kekhawatiran kelebihan pasokan.

Liputan6.com, New York - Harga minyak mentah dunia jatuh usai Badan Energi Internasional (IEA) melaporkan adanya output yang lebih tinggi dan memangkas proyeksi pertumbuhan permintaan.

Harga minyak mentah Brent turun US$ 2,72 menjadi US$ 86,17 per barel, sementara minyak mentah AS turun US$ 1,75 $ 83,99, melansir laman BBC.

Harga Brent telah jatuh sebesar 20 persen sejak musim panas di tengah kekhawatiran kelebihan pasokan, sebagai output meningkat dan permintaan berkurang.

"Penurunan harga terbaru tampaknya baik penawaran dan permintaan didorong," kata IEA.

Sejauh ini, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), yang memproduksi sekitar 40 persen minyak mentah dunia, telah menunjukkan tanda-tanda mengurangi pasokan.

Dalam laporan pasar minyak bulanan, IEA mengatakan produksi OPEC mencapai tertinggi 13-bulan pada bulan September.

Hal ini juga memperkirakan bahwa permintaan minyak global akan meningkat sekitar 700 ribu barel per hari rata-rata tahun ini, 200 ribu barel per hari lebih rendah dari perkiraan sebelumnya.

"Harga minyak mentah yang dijual lagi setelah laporan bulanan dari IEA di mana mereka melihat pertumbuhan permintaan minyak tahun ini naik di laju paling lambat sejak 2009," kata analis Saxo Bank Ole Hansen.

Perkiraan yang lebih rendah untuk permintaan minyak mencerminkan kekhawatiran tentang kekuatan ekonomi global.

Pekan lalu, Dana Moneter Internasional memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global untuk tahun ini dan berikutnya, memperingatkan bahwa pemulihan itu "lemah dan tidak merata". (Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini