Sukses

KAI Resmi Luncurkan Kereta Baru Tujuan Jakarta-Malang

PT Kereta Api Indonesia meluncurkan rangkaian kereta api (KA) Jayabaya kelas ekonomi jurusan Pasar Senen-Malang PP.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) meluncurkan rangkaian kereta api (KA) Jayabaya kelas ekonomi jurusan Pasar Senen-Malang PP.

Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan mengatakan, peluncuran kereta api ini bertujuan untuk memenuhi permintaan masyarakat yang cukup tinggi terhadap moda transportasi kereta api khususnya untuk jurusan Jakarta-Malang PP.

"Selama ini hanya dilayani oleh empat KA yaitu KA Matarmaja, KA Majapahit untuk kelas ekonomi dan KA Gajayana dan Bima untuk kelas eksekutif," kata Jonan saat menluncurkan KA Jayabaya, di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (18/10/2014).

KA Jayabaya tergolong kelas ekonomi, namun lanjut Jonan, fasilitasnya lebih lengkap karena sebagian kereta didesain untuk memfasilitasi penyandang cacat (difabel).

"Untuk fasilitas lain, sama seperti KA yang lain yaitu fasilitas AC, stop kontak di masing-masing tempat duduk serta desain interior yang lebih bagus," ujarnya.

Menurut Jonan,  KA Jayabaya yang diluncurkan hari ini di Stasiun Pasar Senin memiliki 80 tempat duduk dan 64 kursi khusus difabel. Dengan kapasitas yang dapat diangkut 608 penumpang.

"Sementara untuk KA ekonomi biasa jumlah tempat duduk satu kereta mencapai 106 kursi," tuturnya.

Jonan mengungkapkan, ada 12 stasiun yang akan disinggahi KA Jayabaya  Malang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Bojonegoro, Cepu, Randublatung, Ngrombo, Semarang Tawang, Pekalongan, Tegal, Cirebon dan Pasar Senen.

Penamaan KA Jayabaya ini dilandasi bahwa Jayabaya merupakan Raja Kediri yang paling terkenal memerintah pada 1135 sampai 1157. Dengan penamaan ini, diharapkan KA Jaya Baya menjadi ikon masyarkat Malang dan sekitarnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.