Sukses

Ini Karakteristik Menonjol Para Miliarder

Kebiasaaan pikiran yang membedakan antara miliarder dan orang biasa.

Liputan6.com, New York - Apa perbedaan antara seseorang yang membuat US$ 1 juta dan seseorang yang membuat US$ 1 miliar? Jawabannya yaitu kebiasaan pikiran.

Hal itu menurut penulis buku The Self-Made Billionaire Effect: How Extreme Producers Create Massive Value, John Sviokla dan Mitch Cohen. Demikian mengutip dari laman Business Insider Minggu (19/10/2014).

Kedua penulis ini menuturkan, kebiasaan pikiran membedakan seseorang yang menghasilkan US$ 1 juta dan US$ 1 miliar. Sviokla, Head of Global Leadership Pricewaterhouse Coopers dan mantan Profesor Harvard Business School dan Cohen Wakil Ketua PwC, melakukan studi terhadap 120 self-made miliarder yang dipilih secara acak dari 600 kandidat global.

Mereka memilih subyek yang menciptakan kekayaan US$ 1 miliar melalui aktivitas kewirausahaan, beroperasi di pasar dan agak transparan serta tidak mewarisi sebagian besar kekayaannya.

Para penulis berusaha untuk menemukan kesamaan dari miliarder tersebut baik dari latar belakang kurang beruntungan dan tantangan eksistensial. Benang merah yang ditemukan di antara miliarder itu adalah kebiasaan berpikir.

Penulis sebut secara khusus kalau sebagian besar miliarder itu mampu mencapai apa yang disebut dualisme pikiran antara imajinasi dan merealisasikannya. Kemampuan untuk membayangkan sesuatu yang lebih besar sambil melihat hal-hal yang ada benar-benar seperti mereka.

Para miliarder itu mampu merealisasikan apa dalam pikirannya dan mengambil sebuah tindakan. Ini yang disebut produsen. Para miliarder mampu menciptakan sesuatu dan menjualnya kepada pelanggan yang tidak tahu mereka membutuhkannya.

Sviokla dan Cohen menemukan semakin banyak miliarder yang dipelajari mereka tampaknya memiliki pola pikir produsen yang begitu melekat. Selain itu dibutuhkan kebiasaan untuk membuat pikiran miliarder itu tetap menonjol. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder