Sukses

Warisan Pemerintahan SBY yang Harus Dibenahi Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diharapkan dapat menyelesaikan warisan pekerjaan rumah presiden SBY terutama infrastruktur.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha mengaku terkesan dengan beberapa kinerja pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) selama 10 tahun terakhir. Namun ada pula warisan pekerjaan rumah SBY yang justru harus dibereskan oleh pemerintah Joko Widodo (Jokowi).

Pengusaha sekaligus Pendiri PT Saratoga Investama Sedaya, Sandiaga Uno menyebut prestasi terbaik atas kinerja Presiden SBY terkait stabilitas ekonomi makro, politik dan pencapaian pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Yang perlu diacungi jempol adalah proses demokrasi, proses kematangan desentralisasi dan good governance," kata salah satu Anggota Komite Ekonomi Nasional (KEN) itu saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, seperti ditulis Minggu (19/10/2014).

Sementara pekerjaan rumah Indonesia untuk pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, sambung Sandiaga, harus mampu meningkatkan daya saing bangsa, memperluas kesempatan kerja, menanggulangi kemiskinan dan memiliki keunggulan kompetitif.

"Kalau daya saing kita lemah, kita nggak akan bisa menarik investasi masuk untuk ekonomi ke depan," tambah dia.

Di samping itu, dirinya menilai, pemerintah baru harus membenahi dan agresif membangun infrastruktur, reformasi struktural di bidang-bidang tertentu, semisal ketenagakerjaan, memberikan kemudahan reformasi birokrasi untuk melakukan investasi dan sebagainya.

"Banyak sekali potensi yang sebenarnya bisa dikerjakan 10 tahun lalu, misalnya pembangunan jalan, listrik tapi semua terkendala lahan. Tapi saya cukup yakin, pemerintahan mendatang bisa menjalankan semua itu dengan baik," imbuh Sandiaga Uno. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.