Sukses

Sri Mulyani dan Chatib Basri, Impian Duet Menteri Ekonomi

Pengamat menilai, duet Sri Mulyani Indrawati dan Chatib Basri dapat menjadi dream team di pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat menilai duet Sri Mulyani Indrawati dan Muhammad Chatib Basri sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri Keuangan di pemerintahan Jokowi akan menjadi sebuah tim kabinet impian yang sangat sulit dicari tandingannya.

Sri Mulyani disebut-sebut menjadi kandidat kuat Menko Perekonomian di kabinet baru. Saat ini, dirinya menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia. Sementara nama Chatib Basri juga dijagokan menduduki Menteri Keuangan di pemerintahan Jokowi.

Pengamat LIPI, Latif Adam mengaku, duet tersebut akan melahirkan sebuah tim kabinet impian yang dinanti-nantikan rakyat. Pasalnya kompetensi kedua sosok itu sudah terbukti dengan pengalaman dan rekam jejak yang baik.

"Mereka (Sri dan Chatib) bisa jadi dream team. Kompetensi Sri sangat tegas dalam bidang keuangan negara, tangguh, punya integritas dan bargaining tinggi saat diskusi dengan DPR. Keduanya juga punya networking dan reputasi bagus," jelas dia kepada Liputan6.com, Jakarta, seperti ditulis Minggu (19/10/2014).

Chatib, sambung Latif, sangat dekat dengan Sri Mulyani karena mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal itu pernah menjadi Staf Ahli di Kementerian Keuangan 2008. Saat itu, Sri Mulyani merupakan Menteri Keuangan.

"Jadi secara personal keduanya sudah punya kedekatan dan chemistry. Sri Mulyani dan Chatib adalah dua orang yang sulit dicari saingannya," tegas dia.

Namun Latif masih mempertanyakan ketertarikan Sri Mulyani untuk kembali duduk sebagai menteri lima tahun ke depan. "Mungkin Sri Mulyani agak enggan juga meninggalkan Bank Dunia karena terikat kontrak," paparnya. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.