Sukses

Ini Antisipasi PT KAI Hadapi Pelantikan Jokowi-JK

Stasiun Gambir akan masuk dalam ring utama pengamanan pesta pergantian presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut pelantikan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK), sejumlah titik di Jakarta mendapat pengamanan ketat. Salah satunya, Stasiun Gambir yang masuk dalam ring utama pengamanan pesta pergantian presiden. 

Untuk itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuat kebijakan khusus yaitu calon penumpang kereta api yang diberangkatkan dari Gambir, bisa naik kereta dari Stasiun Jatinegara. Biasanya, kereta jarak jarak jauh baik yang berangkat dari Stasiun Gambir maupun Pasar Senen tidak pernah berhenti di Stasiun Jatinegara.

Kepala Humas PT KAI DAOP I, Agus Komarudin menjelaskan, langkah itu diambil guna mengantisipasi keterlambatan penumpang kereta menuju Stasiun Gambir. Pasalnya, dalam perhelatan pelantikan Jokowi-JK, sejumlah jalan protokol menuju Stasiun Gambir ditutup.

"Untuk mengantisipasi keterlambatan penumpang kereta api menuju Stasiun Gambir‎, penumpang kereta api dari Gambir bisa menaiki kereta dari Stasiun Jatinegara, kita akan berhentikan kereta disana," kata Agus kepada Liputan6.com, Senin (20/10/2014).

Dia menjelaskan, kebijakan tersebut diberlakukan BUMN yang bergerak di bidang transportasi selama satu hari yaitu pada 20 Oktober 2014 mulai pukul 05.15 WIB sampai dengan 21.30‎ WIB.

Hanya saja, Agus kembali menegaskan kereta yang akan berhenti di Stasiun Jatinegara hanya kereta yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir.  Untuk kereta api yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen tetap seperti biasa, di mana tidak berhenti di stasiun yang berada di Jakarta Timur itu. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.