Sukses

Ini Pesan Hatta Rajasa Buat Jokowi-JK

Menurut Hatta Rajasa, saat tugas pertama yang harus dibenahi oleh Jokowi JK adalah membenahi ruang riskal.

Liputan6.com, Jakarta - Joko Widodo dan Jusuf Kalla ‎hari ini resmi diambil sumpah jabatannya sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2014-2019.

Dalam pelantikan yang dilaksanakan di Gedung DPR/MPR tersebut dihadiri oleh lawan politiknya pada saat pemilu 9 Juli 2014 yaitu Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa.

Usai menghadiri acara tersebut, Hatta pun menyampaikan beberapa hal yang harus menjadi prioritas pada pemerintahan Jokowi-JK.

‎"Apa yang harus menjadi prioritas banyak, tapi yang pertama tentu bagaimana menjaga fiskal kita," kata Hatta, di Jakarta, Senin (20/10/2014).

Menurut Hatta, jika berbicara mengenai fiskal, ada dua hal yang menjadi pokok pemikiran yaitu mengenai bagaimana menciptakan kredibilitas fiskal dan sustainable fiskal.

Persoalan fiskal ini menjadi garis merah pemerintahan Jokowi-JK mengingat reformasi subsidi saat ini belum berjalan secara maksimal.

‎"Kita melihat ada ancaman defisit pengeluaran dan defisit income, penerimaan, ini yang prioritas untuk nanti dibahas dengan anggota dewan," tegas Hatta.

Dirinya pun melanjutkan, kalau reformasi subsidi tidak segera diperbaiki dan justru mengalami pembengkakan itu‎ menandakan posisi fiskal Indonesia tidak kredibel.

Sementara itu, di luar topik ekonomi, dirinya untuk yang kesekian kalinya mengucapkan atas dilantiknya Jokowi-JK menjadi pemimpin pemerintahan periode 5 tahun ke depan.

"Sudah diucapkan berkali-kali, saya datang ini sudah luar biasa selamatnya itu," pungkas Mantan Menko Perekonomian itu. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini