Sukses

Saham Unggulan Diburu Asing Saat Jokowi Resmi Pimpin RI

Pelantikan presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla membuat investor asing kembali memburu saham-saham di pasar modal RI.

Liputan6.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu bertahan di zona hijau usai penutupan sesi pertama perdagangan saham Senin (20/10/2014).  Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla yang resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI dan aksi beli investor asing memberi sentimen positif ke bursa saham.

Investor asing pun kembali memburu saham-saham berkapitalisasi besar di bursa saham saat pelantikan Jokowi-JK. Sebagian besar saham yang diburu bergerak di sektor keuangan. Hal ini juga yang mendorong penguatan indeks saham. Adapun saham-saham yang dibeli asing pada hari ini berdasarkan data RTI hingga pukul 14.02 WIB antara lain:

Posisi beli investor asing untuk saham PT Bank Negara Indonesia (BBNI) mencapai 25,38 persen dari total nilai transaksi saham. Lalu disusul saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mencapai 24,63 persen. Kemudian saham PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) mencapai 23,37 persen.

Saham BBNI naik 2,2 persen menjadi Rp 5.800 per saham. Sementara itu, saham BBRI naik 2,1 persen menjadi Rp 10.925 per saham, dan saham CPIN menguat 1,76 persen menjadi Rp 4.050 per saham.

Tak hanya itu saja, investor asing juga banyak melakukan aksi beli di saham PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Indocement Tunggal Prakasa Tbk (INTP), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), PT Panin Financial Tbk (PNLF), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI).

Selain itu, saham-saham berkapitalisasi besar yang diburu investor asing yaitu saham PT Astra International Tbk (ASII), PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), PT Jasa Marga Tbk (JSMR), PT United Tractor Tbk (UNTR).

Dalam riset PT KDB Daewoo Securities, saat ini IHSG diperdagangkan pada PE forward 16,2 kali. Ini merupakan diskon 4,5 persen dari puncaknya yang semakin melebar belakangan ini. Memang pelantikan presiden Jokowi-JK telah menjadi sentimen positif. Namun riset PT KDB Daewoo Securities Indonesia masih mempertahankan pandangan bearish sehingga menyarankan investor tetap melihat perkembangan lebih lanjut.

IHSG naik 52,37 poin (1,04 persen) menjadi 5.082,03 pukul 13.37 WIB. Indeks saham LQ45 menguat 1,38 persen menjadi 865,76. Seluruh indeks saham acuan menguat pada hari ini. IHSG berada di level tertinggi 5.101,21 dan terendah 5.067,87. Penguatan indeks saham ditopang dari 184 saham berada di zona hijau. Sedangkan 86 saham melemah.

Transaksi perdagangan saham cukup ramai pada hari ini. Total transaksi perdagangan saham mencapai Rp 4,4 triliun. Padahal hari biasanya transaksi perdagangan saham hanya sekitar Rp 5 triliun. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.