Sukses

Investor Menanti Tiga Hal Ini Usai Pelantikan Jokowi-JK

Ekonom Bank Danamon, Anton Hendranata mengungkapkan, ada tiga hal yang ditunggu pelaku pasar usai pelantikan Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) telah usai. Kini saatnya bagi investor menanti langkah Jokowi-JK selanjutnya dalam waktu dekat. Ada tiga hal yang harus segera diumumkan Jokowi-JK untuk lebih meyakinkan investor.

Ekonom PT Bank Danamon Tbk, Anton Hendranata menyebut, ketiga hal itu antara lain, pertama, mengumumkan susunan kabinet. Pasar, lanjutnya, melihat nama-nama yang menduduki posisi Kementerian strategis, seperti Menteri Keuangan, Menko Perekonomian dan Menteri Pertanian.

"Jokowi perlu memilih menteri yang bersih, memiliki kapabilitas, kuat, profesional, disiplin dan bisa kerja. Nggak gampang jadi menteri sekarang, karena bakal susah menghadapi DPR," kata dia kepada Liputan6.com, Jakarta, seperti ditulis Selasa (21/10/2014).

Hal kedua, dijelaskan Anton, Jokowi-JK harus segera mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Dia memperkirakan kemungkinan besar mantan Walikota Surakarta ini akan menyesuaikan harga BBM subsidi.

"Apakah itu Rp 3.000 atau Rp 4.000 per liter, harus dinaikkan tahun ini. Kalau tahun depan, ruang gerak Jokowi terbatas, bakal kalah dengan DPR jika pakai voting," tutur Anton.

Sedangkan hal yang ketiga, dia bilang, mengalihkan penghematan anggaran dari kenaikan harga BBM subsidi untuk infrastruktur. "Misalnya hemat Rp 200 triliun, digunakan untuk infrastruktur maka bisa efektif membangun perekonomian bangsa," imbuh Anton. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.