Sukses

Dorong Ekonomi Nasional, KKP Kembangkan Perikanan Budidaya

Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan, sebagian besar sumber daya produksi dan perikanan budidaya ada di desa.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan akan mengembangkan sektor perikanan budidaya sebagai motor pembangunan nasional. Hal itu diwujudkan dengan fokus pengembangan kegiatan usaha di desa dari hulu ke hilir.

"Semua faktor produksi beserta turunannya, baik yang menjadi bagian langsung dalam proses produksi  maupun sebagai pelengkap dalam kegiatan usaha harus komprehensif dipenuhi secara kuantitas dan kualitas secara berkelanjutan," kaya Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto  dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Menurut dia, pengembangan desa sebagai sentra perikanan budidaya penting. Pasalnya sebagian besar sumber daya produksi dan perikanan budidaya ada di sana.

Dengan begitu, dia mengatakan akan menciptakan kemandirian ekonomi di desa.

"Dengan sendirinya ketahanan pangandaan tercipta secara alamiah dan sekaligus dapat meningkatkan perekonomian pedesaan," lanjut dia.

Akan tetapi, dia mengatakan membangun desa sebagai sentra perekonomian bukan perkara yang mudah. Dia mengatakan harus ada manajemen atau pengelolaan yang utuh di lakukan di kabupaten atau kota meliputi desa di dalamnya.

"Dengan demikian, ketersediaan faktor produksi utama seperti benih berkualitas, pakan terjangkau, teknologi pembudidaya ikan adaptif, akses pembiayaan, pembudidaya ikan terampil, mutlak diperlukan," tandas dia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini