Sukses

Dua Kepala Daerah Minta Jokowi-JK Perhatikan Infrastruktur

Sehari usai dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden, banyak harapan yang diungkapkan kepala daerah di Tangerang.

Liputan6.com, Tangerang - Sehari usai dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden, banyak harapan yang diungkapkan kepala daerah di Tangerang. Seperti yang diungkapkan Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany dan Bupati Tangerang, Ahmad Zaki Iskandar.

Airin yang pada Senin (20/10/2014) kemarin berkesempatan hadir dalam pelantikan di Gedung DPR/MPR, menyarankan agar Jokowi mengaktifkan kembali sebuah badan pengelola Jabodetabek, sebagai lembaga mediator.

Sebabnya, berbagai masalah di Jakarta, tidak bisa dibahas sendiri tanpa harus melibatkan mitra daerah. Menurutnya persoalan pembangunan DKI Jakarta dengan daerah penyangga tidak bisa dipisahkan dan harus saling terkait.

"Saya contohkan, kasus penanganan ancaman banjir dan peningkatan lebar jalan raya yang menghubungkan antara Jakarta dan koneksivitas sistem transportasi dengan daerah penyangga. Badan pengelola itu, para penanggungjawabnya adalah kepala-kepala daerah di bawah koordinasi langsung satu kementerian atau langsung di bawah presiden," tutur Airin.

Kemudian, badan itu sifatnya bisa otonom atau semi otonom. Tinggal regulasinya bisa melalui Peraturan Presiden (Perpres) atau diundang-undangkan. Jalan Raya Ciputat yang menghubungkan Jakarta, Tangsel, Depok dan Bogor.

Kondisi Jalan Raya Ciputat itu sudah tidak mampu menampung kendaraan yang melintas sehingga menyebabkan kemacetan. "Jalan Raya Ciputat itu kan jalan nasional. Jadi salah jika ada yang beranggapan jalan tersebut adalah milik Tangsel," ungkapnya.

Seharusnya, kata Airin, Kementerian bisa dibuat fly over sepanjang masuk dari Lebak Bulus hingga persimpangan Gaplek, atau dengan konsep lainnya jika memang ada yang lebih efektif. Untuk diketahui Jalan Raya Ciputat merupakan jalur utama masuk dan keluar masyarakat Tangsel, Depok dan Bogor. Jalan tersebut sangat straregis karena juga merupakan jalur perekonomian.

Dilain pihak, dikatakan Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar, mampu membawa Indonesia kearah lebih baik dan menjadi negara maju. Selain itu, dirinya meminta pasangan Presiden dan Wapres yang diusung Koalisi Indonesia Hebat tersebut. Agar lebih memprioritaskan pembagunan di daerah, termasuk Kabupaten Tangerang.

Pasalnya, pembangunan daerah dinilai pihaknya merupakan sebuah keharusan yang tak bisa ditawar- tawar lagi. "Daerah butuh sentuhan dan perhatian serius dari Presiden dan Wapres. Tapi, saya yakin Pak Jokowi- JK, mampu membuat terobosan baru untuk kesejahteraan rakyat di daerah, sesuai dengan visi- misinya," ungkapnya. (Naomi Trisna/Ndw).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini