Sukses

Mantan PM Inggris Bisa Kantongi Uang Pensiun Miliaran Rupiah

Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair didaulat menerima dana pensiun yang cukup tinggi. Berapakah?

Liputan6.com, London - Tak semua negara menempatkan presiden sebagai pimpinan tertinggi di sebuah pemerintahan. Di Inggris misalnya, perdana menteri menjadi nahkoda pemerintahan dan tentu saja berhak menerima kompensasi bernilai tinggi dari negara.

Tengok saja, mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair didaulat menerima dana pensiun yang cukup tinggi. Setiap tahun, dirinya mengantongi pendapatan senilai 70 ribu pound sterling atau Rp 1,35 miliar (kurs: Rp 19.383/pound sterling).

Blair juga memperoleh tunjangan mencapai 115 ribu pound sterling guna mendukung berbagai tugas kemasyarakatan yang diembannya setelah selesai menjabat sebagai perdana menteri. Sementara tim penjaga keamanan Blair diprediksi menguras uang hingga 250 ribu pound sterling per tahun.

Sebenarnya berapa kompensasi yang diterima para perdana menteri Inggris setelah menyelesaikan masa jabatannya? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Daily Mail, BBC, dan Independent.co.uk, Selasa (21/10/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lebih kecil dari Menteri

Perdana menteri dapat gaji lebih kecil dari menteri

Menjadi perdana menteri di Inggris ternyata tidak menjamin Anda mendapat gaji paling tinggi. Bayangkan saja, gaji para menteri di kabinet dapat melampaui jumlah bayaran yang diterima sang perdana menteri.

Perdana Menteri Inggris David Cameron bahkan mendapatkan gaji yang lebih kecil dibandingkan 172 penasehat pemerintah. David Cameron diketahui menerima bayaran sebesar 142.500 pound sterling per tahun.

Meski bukan pekerjaan dengan gaji tertinggi, tapi profesi sebagai perdana menteri tentu menghadirkan pendapatan yang melampaui penghasilan rata-rata penduduknya. Pasalnya, rata-rata penghasilan penduduk Inggris hanya 26 ribu pound sterling per tahun.

3 dari 4 halaman

Berapa uang pensiun?

Uang pensiun perdana menteri Inggris

Perdana menteri Inggris biasanya menerima dana pensiun sejumlah 40 persen atau 50 persen dari gajinya saat masih bekerja. Itu semua tergantung tingkat kontribusinya saat masih bekerja.

Jika perdana menteri turun dari jabatannya karena adanya gangguan di parlemen, maka pembayaran dana pensiunnya akan diberikan hingga dirinya berusia 65 tahun. Para pensiunan perdana menteri juga diberikan rumah dari negara.

Selain itu, para perdana menteri juga diberikan tunjangan berbeda selama di masa pensiunnya masih menjalankan tugas untuk negara. Para pensiunan perdana menteri juga diberikan tim perlindungan khusus yang gajinya dibayar negara.

4 dari 4 halaman

Tuai protes

Kompensasi mantan perdana menteri Inggris tuai protes

Sejak lama, kompensasi para mantan perdana menteri Inggris mengundang protes dari masyarakat luas. Pasalnya, jumlah dana pensiun per tahun yang diterima para perdana menteri dinilai sanga tidak masuk akal.

Dana pensiun tersebut dinilai sebagai bentuk diskriminasi pada sebagian warga Inggris yang lain.

Bukan hal yang aneh mengingat mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair sudah kaya tampa dana pensiun. Dari usahanya, dia mendapat lebih dari 30 juta pound sterling di usianya yang ke-59 tahun.

Bahkan dirinya dilaporkan menerima total 2 juta pound sterling dari lembaga konsultasi dan penasehat pemerintahan. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.