Sukses

Contek Singapura, RI Bakal Bangun Tangki Timbun

Indonesia akan memiliki tangki timbun yang menyangga cadangan energi untuk mendukung ketahanan energi nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan memiliki tangki timbun yang menyangga cadangan energi untuk mendukung ketahanan energi nasional. Menurut Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo, selama ini sudah ada Undang-undang (UU) tentang ketahanan energi, namun pada praktiknya terkendala dengan keseriusan.

"Kendalanya kurang serius saja, padahal UU sudah ada," kata Susilo di Jakarta, Selasa (21/10/2014).

Susilo mengungkapkan, biaya untuk membangun tangki timbun ketahan energi tersebut mencapai US$ 45 miliar. Pemerintah lama di bawah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah merumuskan hal tersebut.

"Kalau mau dilaksanakan, pemerintah butuh US$ 45 miliar, tapi kita sedang menyapakan program roadmap penyediaan rencana aksi penyiapan cadangan energi strategis," tuturnya.

Susilo menambahkan, pembangunan tangki timbun meniru Singapura tersebut akan dilakukan oleh investor.  Menurutnya, pembangunan tangki ketahanan energi akan dilakukan di beberapa wilayah Indonesia.

"Nanti di Sumatera, Jawa, Indonesia bagian timur baik untuk nimbun minyak mentah dekat-dekat kilang maupun nimbun BBM. Jadi nanti pemerintah itu kalau terjadi krisis punya hak akses itu, baru kita bayar," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.