Sukses

Spekulasi Soal Stimulus Eropa Bikin Bursa Asia Sumringah

Indeks MSCI Asia Pasifik menguat 0,8 persen pada pukul 09.42 waktu Tokyo, Jepang. Indeks Topix Jepang juga naik 2 persen.

Liputan6.com, Wellington - Saham-saham di kawasan Asia Pasifik (Bursa Asia) menguat pada perdagangan hari ini terimbas spekulasi akan rencana Bank Sentral Eropa untuk kembali memperluas stimulus ekonomi.

Mengutip Bloomberg, Rabu (22/10/2014), Indeks MSCI Asia Pasifik menguat 0,8 persen pada pukul 09.42 waktu Tokyo, Jepang. Indeks Topix Jepang juga naik 2 persen dan indeks Kospi Korea Selatan menguat 0,9 persen.

Para pelaku pasar berspekulasi bahwa Bank Sentral Eropa akan kembali memberikan stimulus untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut terutama untuk Italia.

Stimulus yang dilakukan oleh Bank Sentral eropa hampir sama dengan stimulus yang dilakukan oleh Bank Sentral Amerika yaitu dengan membeli surat utang sehingga terdapat likuiditas di perusahaan-perusahaan untuk kembali melakukan produksi dan mendorong konsumsi.

Kepala Analis AMP Capital Investors Ltd, Shane Oliver menjelaskan, saat ini ada beberapa sentimen yang bisa mengangkat bursa Asia. Pertama stimulus yang dilakukan oleh Bank Sentral Eropa dan kedua stimulus yang dilakukan oleh Jepang.

"Stimulus tersebut bisa menutupi rencana-rencana yang akan dilakukan oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS) sehingga sentimen negatif tersebut bisa ditutupi dengan sentimen positif" jelasnya.

Shane melanjutkan, sentimen negatif dari rencana kenaikan suku bunga Bank Sentral AS kemarin telah membuat harga beberapa saham di bursa Asia mengalami penurunan yang cukup signifikan. "Beberapa investor mencoba untuk mengambil kesempatan di saat harga berada di bawah," tuturnya. (Gdn)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini