Sukses

Jadi Kandidat Menteri Jokowi, Ini Ekspresi Mirza Adityaswara

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara salah satu tokoh yang dipanggil Jokowi ke Istana.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo telah memanggil beberapa nama ke Istana Negara sehari setelah dilantik menjadi presiden RI ke-7 untuk periode 2014-2019.

Dari beberapa orang tersebut dipanggil, masih menjadi teka-teki siapa nama-nama menteri yang akan membantu Jokowi‎ memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan. Salah satu tokoh yang dipanggil Jokowi yaitu Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara.

‎Bagaimana tangggapan Mirza soal kabar dirinya masuk bursa menteri Jokowi?

"Baru saja pertanyaan sudah saya tanyakan ke beliau (Mirza) dan beliau hanya senyum-senyum saja," kata Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Peter Jacob kepada Liputan6.com, Rabu (‎22/10/2014).

Adapun ketika dipertanyakan lebih lanjut mengenai ke mana agenda Mirza hari ini, Peter mengaku tidak mengetahuinya.

‎Sebelumnya, Direktur Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) Eni Srihartati menilai Mirza adalah sosok yang pantas untuk menjadi salah satu menteri sektor ekonomi di kabinet Jokowi.

"Pak Mirza, sebenarnya cukup potensi, karena waku jadi Chief Ekonom Bank Mandiri banyak fokus untuk perhatian di sektor riil," kata Eni.

Namun begitu hanya ada beberapa hal yang harus dipastikan ‎Jokowi jika ingin mengangkat Mirza sebagai salah satu menteri dalam kabinetnya nanti.

Adapun menurut Eni, satu hal yang harus dipastikan adalah mengenai komitmennya untuk kembali mendukung Jokowi untuk membangun ideologi ekonomi kerakyatan.

"Karena selama beliau di Bank Indoensia, nyatanya Bank Indonesia kebijakannya lebih berpihak ke pasar keuangan daripada sektor riil, jadi itu yang harus dipastikan ulang," tegas Eni. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.