Sukses

Diversifikasi Usaha, AP I Bentuk Angkasa Pura Retail

Pendirian anak usaha Angkasa Pura yang diberi nama Angkasa Pura Retail ini diharapkan mendongkrak pendapatan non aeronautical.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) membentuk anak usaha bergerak di bidang penjualan dan pemasaran untuk meningkatkan pendapatan non aeronautical. Anak usaha ini dinamakan PT Angkasa Pura Retail.

"Angkasa Pura Retail bergerak di bidang usaha penjualan dan pemasaran dengan usaha penjualan berbentuk duty free, duty paid, food and beverage. Sedangkan untuk jasa pemasaran berupa komunikasi pemasaran, desain grafis, media placement dan event activation," ujar Direktur Utama Angkasa Pura Retail, Teges Prita Soraya, seperti dikutip dari keterangan yang diterbitkan Rabu (22/10/2014).

Ia menambahkan, Angkasa Pura Retail akan membuat sebuah gerak F&B berupa coffee corner yang diberi nama Republik. Gerai ini akan segera dibuka di bandara internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Tommy Soetomo menuturkan, pihaknya akan membawa Angkasa Pura Retail menjadi perusahaan travel retail Indonesia dengan pengakuan regional untuk memberikan kualitas tertinggi bagi partner kerja dan pelanggan.

Perseroan mengharapkan dapat mengelola 15 persen atau sekitar 10.000m2 area komersial bandara di bawah pengelolaan Angkasa Pura I melalui berbagai macam diversifikasi usaha serta memiliki brand mandiri dalam dua tahun.

Saat ini telah ada sekitar 25 partnership brand akan ikut ambil bagian dalam langkah bisnis Angkasa Pura Retail di antaranya Wakai, Timberland, Rimowa, Red and White Wine Spirits, South Dakota, Richfield, National Geographic Store, Levis, Tulisan, Nescafe Dolce Guto, dan beberapa brand ternama lainnya.

Selain itu juga perseroan menggandeng brand ternama sebagai partner bisnis, Angkasa Pura Retail juga sedangkan mengembangkan 11 original in-house brand, salah satunya BACI, sebuah make up and beauty store.

Adapun modal awal untuk mendirikan anak usaha ini sekitar Rp 50 miliar. Komposisi kepemilikan saham dimiliki oleh Angkasa Pura I dan Angkasa Pura Hotel. (Nrm/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini