Sukses

Mantan PM India Bisa Terbang Sesuka Hati Usai Pensiun

Tak hanya mendapat gaji pokok, perdana menteri di India juga memperoleh pendapatan lain. Apa sajakah?

Liputan6.com, New Delhi - Menjadi pimpinan di sebuah negara dan mengemban berbagai tugas kenegaraan membuat para perdana menteri layak memperoleh sejumlah fasilitas. Tak hanya itu, usai menjabat, para pensiun Perdana Menteri (PM) India juga masih bisa mendapatkan sejumlah fasilitas khusus.

Selama menjabat, Perdana Menteri India menerima rumah dinas. Selain itu, sang pimpinan negara juga memperoleh penjagaan ketat dari tim perlindungan khusus.

Tak hanya itu, Narendra Modi yang kini menjabat sebagai perdana menteri India juga difasilitasi sebuah mobil BMW 750-1. Pesawat kelas eksklusif Air India One juga siap mengantar perdana menteri India bepergian ke luar negeri.

Lantas apa saja yang diperoleh sang perdana menteri India usai lengser dari jabatannya? Kabarnya, selama lima tahun sang mantan perdana menteri dapat menikmati penerbangan kelas ekslusif secara gratis. Berikut ulasannya seperti dikutip dari Elections.in, pmindia.gov.in, dan infochangeindia.org, Rabu (22/10/2014):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gaji PM India


Gaji Perdana Menteri India

Tak hanya mendapat gaji pokok, perdana menteri di India juga memperoleh pendapatan lain berupa tunjangan konstituensi, tunjangan kesehatan dan sejumlah tunjangan lain. Gaji perdana menteri ditentukan oleh tim legislatif negara.

Setiap bulannya, perdana menteri India menerima gaji bersih sebesar 160 ribu rupee atau Rp 31,38 juta (kurs: Rp 196 per rupee). Sementara gaji pokok perdana menteri yaitu 50 ribu rupee saja.

Tunjangan untuk pekerjaan sehari-hari, perdana menteri India menerima bayaran 2.000 rupee per hari. Sementara untuk tunjangan konstituensi yaitu 45 ribu rupee per bulan.

Selain itu tunjangan lain yang diterima perdana menteri bernilai 3.000 rupee per bulan.

3 dari 4 halaman

Masa jabatan

Periode jabatan Perdana Menteri India

Tak seperti presiden, perdana menteri India menjabat selama lima tahun. Meski begitu, masa jabatan tesrebut dapat berakhir lebih cepat atau lebih lamban dari seharusnya tergantung pilihan masyarakat.

Perdana menteri India juga dapat mengajukan pengunduran diri pada presiden jika sudah merasa tidak bisa lagi mengemban tugasnya. Tugas perdana menteri India memang tidak mudah mengingat tugasnya sebagai pimpinan tertinggi pemerintahan negara.

Tak ada batasan berapa lama perdana menteri India harus menjabat. Itu lantaran tidak ada standar usia pensiun bagi para perdana menteri India.

4 dari 4 halaman

Berapa uang pensiun PM India?

Berapa uang pensiun PM India?

Setelah selesai menjalani seluruh tugasnya, mantan presiden India akan memperoleh akomodasi gratis seumur hidupnya. Akomodasi tersebut dapat berupa penginapan hingga kendaraan pribadi.

Selain itu, perdana menteri India juga memperoleh layanan kesehatan gratis, 14 pegawai sekretarial, serta bebas mengajukan anggaran pengeluaran untuk kantor pribadinya. Selain itu, mantan perdana menteri India juga dapat memperoleh tiket penerbangan kelas eksekutif secara gratis selama lima tahun setelah turun dari jabatannya.

Dalam periode yang sama, perdana menteri India juga memperoleh tiket kereta gratis untuk bepergian ke mana saja. Selama satu tahun usai berhenti menjabat, presiden juga memperoleh sejumlah tunjangan lain. (Sis/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.