Sukses

Anak Jokowi Bakal Ikuti Tes CPNS

Kahiyang Ayu, putri presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bakal mengikuti tes CPNS pemerintah kota Solo pada Kamis pekan ini.

Liputan6.com, Solo - Tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)/tes CPNS pemerintah kota Solo dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) pada Kamis 23 Oktober 2014 di Bakorwil Jawa Tengah. Proses seleksi CPNS ini pun diikuti Kahiyang Ayu, putri presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, Hari Prihatno pernah menuturkan, Kahiyang ikut tes untuk formasi pemeriksa pertama di lingkungan Pemkot Solo. Formasi tersebut memang terbuka untuk semua jurusan. Sedangkan, putri Jokowi itu merupakan lulusan teknologi pangan.

Kahiyang memang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi. Selanjutnya, pihak panitia mengiriman surat panggilan untuk tes lanjutan.

"Kalau dia mau ikut tes seleksi jadwalnya pada Kamis 23 Oktober. Tapi kalau dia mau berangkat lho, karena itu merupakan hak pribadi untuk ikut tes atau tidak," ujar Hari seperti dikutip Kamis (23/10/2014).

Hari menambahkan, pihaknya juga tidak akan memberikan pengamanan khusus selama Kahiyang mengikuti ujian itu. Putri kedua pasangan Jokowi dan Iriana itu tetap akan mendapatkan perlakuan sama seperti para peserta tes CPNS pada umumnya.

"Dari kami maupun dari arahan Pak Walikota Solo bahwa tidak akan ada perlakuan khusus terhadap putri presiden," papar Hari.
Meski tidak memberikan pengaman secara khusus, namun pihaknya tidak mengetahui jika nantinya pihak paspampres yang akan memberikan pengamanan untuk Kahiyang Ayu.

"Sekali lagi tidak ada perlakuan khusus. Wong Pak Jokowi saja waktu menjabat sebagai walikota dulu paling nggak senang kalau ada perlakuan khusus kepada keluarganya. Biasanya beliau tidak berkenan, jadi kami bisa memahaminya," tutur Hari.

Anak Jokowi yang satu ini merupakan sarjana pertanian lulusan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Kahiyang lulus dari kampus tersebut dan diwisuda pada akhir tahun lalu, tepatnya 7 Desember 2013.

Tes CPNS yang diikuti anak Jokowi nomor dua di lingkungan Pemkot Solo ini, telah dilakukan sejak 20 Oktober 2014 di Gedung Graha Bakorwil Surakarta. "Tes seleksi ini akan selesai pada 27 Oktober nanti," ujar Hari. (Reza Kuncoro/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.