Sukses

Top 5 Bisnis: Sosok Jokowi di Mata Sri Adiningsih Bikin Penasaran

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah satu sekolah dengan Ekonom UGM Sri Adiningsih. Lalu bagaimana sosok Jokowi di mata Sri Adiningsih?

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) telah resmi menjadi presiden ke-7 Indonesia untuk periode 2014-2019, menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono. Lantas bagaimana sosok Jokowi ketika masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP)?

Ekonom Sri Adiningsih yang merupakan Guru Besar Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) ternyata merupakan teman satu sekolah Jokowi, meski tidak pernah berada dalam satu kelas. Artikel Ini Sosok Jokowi Waktu SMP di Mata Ekonom Sri Adiningsih bikin penasaran pembaca Liputan6.com di kanal bisnis edisi Rabu 22 Oktober 2014.

Tak hanya artikel itu saja yang menyita perhatian pembaca, sejumlah calon menteri dan masih ada kesempatan mengikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) juga telah menyita perhatian pembaca. Ingin tahu mana saja artikel yang paling banyak dibaca? Berikut lima artikel pilihan di kanal bisnis yang menyedot perhatian pembaca:

1. Ini Sosok Jokowi Waktu SMP di Mata Ekonom Sri Adiningsih

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) telah resmi menjadi presiden ke-7 Indonesia untuk periode 2014-2019, menggantikan Susilo Bambang Yudhoyono. Lantas bagaimana sosok Jokowi ketika masih duduk dibangku sekolah menengah pertama (SMP)?
Ekonom Sri Adiningsih yang merupakan Guru Besar Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM) ternyata merupakan teman satu sekolah Jokowi, meski tidak pernah berada dalam satu kelas.

2. Dikabarkan Masuk Rapor Merah KPK, Jokowi Jangan Pilih Sri Mulyani

Sri Mulyani Indrawati merupakan salah satu kandidat kuat yang disebut-sebut akan menduduki kursi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di Kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Namun Wanita yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia ini dikabarkan masuk daftar merah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena namanya masih dikaitkan dengan kasus Bank Century.

3. Kesempatan Emas! 45 Instansi Belum Buka Pendaftaran CPNS

Para pelamar CPNS 2014 di beberapa instansi kini tengah berdebar-debar menanti hasil tes untuk melaju ke proses seleksi berikutnya. Meski sebagian telah menggelar tes, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melaporkan masih ada 45 instansi yang masih belum membuka pendaftaran CPNS.

4. Ini Dua Calon Menko Perekonomian yang Pas Buat Jokowi

Ekonom mengimbau Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mencari pengganti calon menteri yang memperoleh tanda merah dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dalam hal ini termasuk pula untuk kandidat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sri Mulyani yang disebut-sebut masuk dalam daftar tersebut karena namanya tersangkut dalam kasus Bank Century.

5. Ekspektasi Masyarakat ke Jokowi Dinilai Berlebihan

Indonesia secara resmi telah memiliki Presiden dan Wakil Presiden baru yaitu Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Untuk pertama kalinya, dalam perayaan pemimpin baru, diadakan acara arak-arakan dengan menggunakan kereta kuda dan dibarengi dengan pesta rakyat di sepanjang jalan protokol  Jakarta setelah pelantikan pada Senin 20 Oktober 2014.

Menanggapi serangkaian acara dan sambutan masyarakat, Naldy Nazar, Ketua BUMN Watch mengungkapkan, perayaan tersebut memang satu bentuk hal positif dimana rakyat memberikan kepercayaan penuh kepada Jokowi. Rakyat melihat bahwa Jokowi  mampu membawa bangsa ke arah yang lebih baik.

Namun di sisi lain, antusiasme dan harapan yang tinggi kepada Joko Widodo tersebut bisa menjadi bumerang bagi pemerintahan Jokowi sendiri. (Ahm/)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.