Sukses

Harapan Pengusaha untuk Menteri Perdagangan dan Perindustrian

Wakil Ketua Umum Apindo, Franky Sibarani mengharapkan, orang yang duduk di Kementerian perdagangan dan perindustrian memiliki pengalaman.

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum juga mengumumkan nama-nama menteri yang akan mengisi kabinetnya dalam 5 tahun ke depan. Hal ini membuat beberapa nama tokoh terus bermunculan sebagai kandidat calon menteri.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Franky Sibarani mengatakan,  khusus untuk Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian, diharapkan merupakan orang yang profesional dan memiliki jam terbang pada kedua sektor tersebut.

"Kami ingin agar menteri pada kedua sektor tersebut adalah orang yang berpengalaman dan bukan orang baru. Sempat disebut nama Pak Rachmat Gobel dan Pak Dwi Soetjipto, saya rasa mereka berdua punya pengalaman yang cukup pada bidangnya masing-masing," ujar Franky di Jakarta, seperti ditulis Kamis (23/10/2014).

Namun menurut Franky, siapapun yang menjabat nantinya, tidak hanya harus paham soal kompetensi saja, tetapi memiliki jiwa kepemimpinan yang cukup.

"Leadership itu juga menentukan dia bisa berkolaborasi dengan kementerian yang lain atau tidak. Sehingga tinggal melakukan elaborasi dengan timnya nanti di kementerian," lanjutnya.

Franky juga meminta agar menteri yang menjabat nantinya tidak mementingkan ego sektoral masing-masing seperti yang selama ini terjadi. Dengan demikian, semua kebijakan pemerintah bisa saling mendukung.

"Kalau dulu sangat kuat ego sektoralnya, tapi ke depan diharapkan tidak ada lagi. Sehingga yang dibutuhkan merupakan figur menteri yang punya kompetensi, bersih, punya leadership yang kuat serta punya komunikasi yang baik dengan pihak-pihak di pemerintahan dan pengusaha sehingga dia bisa bersinergi dengan berbagai pihak," tandasnya. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.