Sukses

Ini Komentar Indef Soal Calon Menteri Baru

Rini Soemarno pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Menteri Perdagangan.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Rini Soemarno kencang beredar luas sebagai salah satu menteri di kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Kabarnya, Ketua Tim Transisi itu bakal menempati posisi Kementerian strategis, seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Menteri Keuangan dan lainnya.

Namun di tengah jalan, nama Rini diduga diberi tanda merah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena kasus dugaan korupsi dan masalah lain.

Di satu sisi, Rini merupakan orang yang berkontribusi besar saat masa transisi pemerintahan Jokowi dan dikenal sebagai orang kepercayaan Megawati Soekarnoputri.

Ekonom Senior Indef, Fadhil Hasan menanggapi, KPK memberi tanda merah pada nama Rini, kata dia, haruslah beralasan. Masyarakat Indonesia juga harus menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah.

"Ya kita juga harus tahu persis atas dasar apa tanda itu diberikan kepada seseorang karena asas praduga tak bersalah berlaku di negeri ini. Tapi jika Jokowi tetap memegang janjinya memilih menteri bersih, ya dia harus menggunakan rekomendasi KPK," tegas dia saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Kata Fadhil, pemilihan nama menteri sepenuhnya merupakan hak Presiden. Namun dirinya menilai, sosok Rini Soemarno sebagai seorang pengusaha sukses.

"Karirnya cukup cemerlang di dunia usaha, di mana dia pernah jadi Direktur Utama Astra Internasional, perusahaan yang hebat dan ternama. Jadi latar belakang dan pengalaman di dunia usaha, pantaslah jika dia memimpin BUMN," tuturnya.

Di samping itu, Fadhil bilang, lulusan Wellesley College Amerika Serikat itu pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Menteri Perdagangan. "Selain Menteri BUMN, jabatan menteri lain yang cocok buat Rini, ya kembali jadi Menperin dan Mendag," tutup dia. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.