Sukses

Alasan Produsen Jepang Kesulitan Tembus Pasar Roti RI

Pasar Indonesia terutama roti memiliki keunikan terutama soal rasa sehingga cukup sulit ditembus produsen roti asal Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah penduduk yang besar, banyak investor produk makanan dan minuman asing yang tertarik untuk berinvestasi di Indonesia. Salah satunya yaitu produsen roti asal Jepang.

Namun, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Bakery Indonesia (APEBI) Chris Hardijaya mengatakan produsen roti asal Jepang mengalami kesulitan untuk dapat menembus pasar roti di Indonesia.

"Pasar kita sulit untuk ditembus karena kita punya keunikan tersendiri, terutama soal rasa," ujar Chris di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (23/10/2014).

Selain soal rasa, produsen roti Jepang juga kesulitan masuk ke pasar dalam negeri karena banyak ritel di Indonesia yang menjual sekaligus memproduksi roti sendiri sehingga persaingan dalam industri ini cukup berat.

"Alfamart sudah punya pabrik sendiri, carrefour sudah punya pabrik sendiri, pabrik besar ini sulit masuk," lanjutnya.

Dengan banyaknya produsen roti di dalam negeri, pemerintah diharapkan bisa terus mendorong tumbuhnya industri lokal sehingga mampu mempertahankan pasarnya di dalam negeri.

"Sekarang pemerintahan Jokowi juga akan mendorong UMKM. Dan UMKM bakery tergolong yang paling cepat berkembang karena bisa diproduksi dimana saja dan modalnya relatif mudah," tandasnya. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini