Sukses

Harga Ikan Teri Anjlok Jadi Rp 3.000 per Kg

Harga ikan teri merosot tajam di Yogyakarta dari Rp 20 ribu per kilo gram menjadi Rp 3.000 per kilo gram.

Liputan6.com, Yogyakarta - Harga ikan teri merosot tajam di Yogyakarta dipicu panen pada Oktober 2014. Harga ikan teri turun dari Rp 20 ribu per kilo gram (kg) menjadi Rp 3.000 per kg.

Nelayan Pantai Baron Gunungkidul, Andy Irmawan menuturkan, saat ini banyak pencari ikan teri karena produksi ikan teri melimpah. Apalagi musim panen ini, ikan teri begitu mudah untuk didapatkan di tepi laut.

Hal ini membuat harga ikan teri dari Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 3.000 per kg. Andy mengeluhkan, sejumlah pencari ikan teri yang menjual harga ikan teri tak sesuai harga pasar.

"Yang kami pakai kapal kena imbasnya. Yang mencari dengan berenang itu jual hasil tangkapan teri dengan seenaknya. Per box bisa dijual 100 ribu bahkan lebih murah sehingga harganya turun. Dari Rp 20 ribu turun bertahap hingga terendah itu Rp 3.000 per kg," ujar Andy, kepada Liputan6.com, Kamis (23/10/2014).

Andy menceritakan, pihaknya bisa mendapatkan ikan teri 5-6 kuintal di perairan Pantai Baron untuk sekali melaut. Bahkan dalam waktu satu jam, ia bisa mendapatkan ikan teri sebanyak 5 kuintal.

"Sejak satu bulan lalu kami dapat panen ikan teri. Tapi tidak tentu dapatnya bisa dapat 5 hingga 6 kuintal," ujar Andy. (Fathi Mahmud/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.